5 Universitas terbaik di Jerman, Kalian Wajib Tahu!

Banyak dari kita ingin sekali kuliah ke luar negeri terutama  universitas di Eropa, yang di mana kaya akan ilmu pengetahuan. Dari banyaknya universitas terbaik di Eropa, Jerman menjadi salah satu favorit untuk kuliah di sana. Jerman memiliki beberapa universitas terbaik di dunia yang dikenal akan kualitas pengajaran dan penelitian mereka.

Berdasarkan QS World University Rankings 2022, terdapat 3 universitas di Jerman yang masuk ranking 100 besar. Oleh karena itu, inilah 5 Universitas terbaik di Jerman menurut QS World University Rankings 2022, yang dipublikasikan pada 8 juni 2022.

1. Technical University of Munich (TUM)

Technical University of Munich adalah universitas yang terletak di Munich, Jerman. TUM didirikan sejak tahun 1868 oleh Raja Ludwig II dari Bayern. TUM didirikan untuk menyediakan negara bagian Bavaria dengan pusat pembelajaran yang didedikasikan untuk ilmu alam. 

Dilansir pada QS World University Rangkings, TUM menempati posisi peringkat 49 di seluruh dunia dengan total nilai 76,4 sekaligus menempati posisi pertama dalam peringkat universitas Jerman . Hal ini menjadi salah satu universitas riset terkemuka di Eropa.

2. Ludwig Maximilian University of Munich (LMU)

Ludwig Maximilian University of Munich berada di pusat kota Munich, Jerman, yang berdiri pada 26 Juni 1472 oleh Raja Ludwig IX dari Bavaria-Landshut. LMU memiliki visi utama yaitu berkomitmen pada standar keunggulan internasional tertinggi dalam penelitian dan pengajaran. 

LMU memiliki 18 fakultas yang terdiri dari ilmu teologi hingga ilmu sains dan memiliki salah satu sistem perpustakaan terbaik di Jerman. LMJ menempati urutan 59 di seluruh dunia dengan skor 70,4 yang membuat menduduki peringkat kedua di universitas Jerman.

3. Heidelberg University

Universitas Heidelberg adalah universitas tertua yang berlokasi di Heidelberg, Jerman. Didirikan tahun 1368 oleh Paus Urbanus VI, ini menjadikan universitas tertua di jerman dan salah satu universitas tertua di dunia yang masih bertahan. 

Universitas Heidelberg memiliki 24 jumlah program studi yang diajarkan Bahasa Inggris dari berbagai program sarjana hingga pascasarjana. Universitas ini menempatkan urutan peringkat 65 dari seluruh dunia dengan total nilai 69.

4. Freie Universität Berlin

Freie Universität Berlin yang didirikan sejak tahun 1948 di pusat kota Berlin, Jerman. FUB dibentuk oleh para profesor dan mahasiswa, sebagai tanggapan atas penganiayaan yang dihadapi oleh para mahasiswa dan mengkritisi sistem di Universität Unter den Linden, yang saat itu terletak di sektor Soviet di kota yang terbagi. Sejak saat itu, FUB memiliki visi utama yang selalu ditentukan oleh tiga nilai: kebenaran, keadilan, dan kebebasan. Universitas ini berada di peringkat 118 dengan skor 55,8. FUB menyediakan 16 departemen dan menawarkan lebih dari 150 program studi.

5. Humboldt-Universität zu Berlin

Humboldt-Universität zu Berlin mulai didirikan pada tahun 1810 oleh Didirikan oleh Frederick William III atas saran Wilhelm von Humboldt, Johann Gottlieb Fichte dan Friedrich Ernst Daniel Schleiermacher.  Setelah lebih dari 200 tahun didirikan, Humboldt-Universität mencakup hampir semua disiplin ilmu seperti humaniora dan seni, ilmu sosial dan budaya, matematika dan ilmu alam, kedokteran dan ilmu pertanian. Humboldt-Universität menempati urutan 131 dengan skor 54,1 berbeda tipis dengan Freie Universität Berlin.

Inilah 5 universitas terbaik menurut QS World University Rankings pada tahun 2022, perlu diingat bahwa peringkat universitas bisa berubah dari tahun ke tahun dan ada banyak faktor yang mempengaruhi peringkat tersebut. Oleh karena itu, jadikan referensi ini untuk kalian yang ingin kuliah ke Jerman.

Scroll to Top
Kupas Tuntas

Persiapan Menjadi Pekerja Profesional di Jerman

di PREMIUM Bootcamp Ausbildung (Jakarta, 27 & 28 Juli 2024).

DISKON SPESIAL untuk Kamu yang JOIN Waiting List!