5 Jurusan Kuliah Unik yang Hanya Ada di Jerman

Jika terpikirkan mengenai jurusan kuliah, tentu kamu pasti hanya memikirkan jurusan-jurusan yang umum saja seperti Hukum, Manajemen, Kedokteran, ataupun Ekonomi. Akan tetapi, siapa sangka bahwa di Jerman terdapat jurusan-jurusan yang unik. Telah lama dikenal sebagai negara dengan taraf edukasinya yang tinggi serta menjadi salah satu pilihan utama bagi masyarakat dunia untuk melanjutkan studinya, berikut 5 jurusan kuliah yang hanya dapat kamu temui di Jerman:

  1. Jurusan Makanan Vegan

Terletak di Facchochschule des Mittelstands (FHM), jurusan ini banyak mempelajari tentang berbagai makanan vegan. Selain itu, jurusan ini lebih berfokus pada cakupan manajemennya. Sehingga di jurusan makanan vegan, kamu akan diajarkan mengenai manajemen dan produksi makanan vegan di dalam industri pangan.

  1. Jurusan Pembuatan Bir dan Teknologi Minuman

Jurusan ini berada di Technische Universität München (TUM). Dalam cakupan studinya, kamu akan diajarkan segala hal tentang proses produksi dan uji kualitas minuman sebelum dipasarkan. Selain itu, jurusan ini juga mengajarkan mengenai teknologi, biologi, dan biokimia dalam proses pembuatan minuman. Tak hanya itu saja, manajemen tentang proses pengisian dan pengemasan minuman pun diajarkan dalam jurusan ini.

  1. Jurusan Manajemen Sampah

Program jurusan ini ditawarkan oleh Technische Universität Dresden atau yang dikenal dengan Universitas Teknik Dresden. Jurusan ini mempelajari segala hal tentang manajemen dan pengolahan sampah. Dalam proses pembelajarannya, kamu diharapkan dapat membantu memecahkan solusi mengenai sampah yang hingga kini masih menjadi salah satu masalah terbesar di dunia.

  1. Jurusan Manajemen Waktu Luang

Ditawarkan oleh Sekolah Tinggi Bremen, siapa sangka ternyata ada jurusan yang mendalami soal waktu luang. Dalam jurusan ini, kamu akan diajarkan untuk menguasai ilmu dasar sosial, ekonomi, hukum, dan metode ilmu waktu luang serta turisme. Selain itu, jurusan ini juga mengajarkan tentang informatika dan bahasa asing. Sungguh sebuah turunan ilmu yang menarik bukan?

  1. Jurusan Manajemen Virtual Reality (VR)

Jika mengingat Jerman, tentu kamu perlu mengingat kemajuannya dalam bidang teknologi. Salah satu contoh kemajuannya tersebut terdapat pada jurusan kuliah ini. Dalam cakupan studinya, kamu akan diajarkan semua hal tentang realitas maya. Selain itu, kamu juga akan dibimbing untuk memperoleh kualifikasi teknis, konsepsional, dan desain mengenai VR. Sama seperti jurusan Makanan Vegan, jurusan ini juga terletak di Facchochschule des Mittelstands (FHM) loh!

Nah, berikut beberapa jurusan unik yang hanya dapat kamu jumpai di Jerman. Akan tetapi, jurusan yang telah disebutkan di atas hanyalah sebagian dari jurusan unik yang ada di Jerman loh! Masih banyak jurusan lainnya seperti jurusan manajemen kuda, teknologi ruang angkasa, hingga jurusan yang khusus mempelajari tentang suling, guys.

Tertarik untuk apply beberapa jurusan di atas? Di OTCA, kami akan membimbing kamu untuk mendapatkan jurusan yang kamu impikan. Maka, tunggu apalagi? Segera daftarkan dirimu di OTCA sekarang juga!

Scroll to Top
Kupas Tuntas

Persiapan Menjadi Pekerja Profesional di Jerman

Melalui PREMIUM Bootcamp Ausbildung (Jakarta, 20 & 21 Juli 2024).

DISKON 10% untuk Kamu yang JOIN Waiting List!