5 Universitas Terbaik di Jepang Jurusan Teknik Informatika

Adakah Sobat OTCA yang memiliki minat di bidang komputer, informasi, dan robotika?

Mungkin, banyak universitas yang menawarkan program terbaik yang berhubungan dengan minat ini. Namun, nggak ada salahnya, Sobat OTCA melirik negara dengan julukan “Negeri Sakura” ini sebagai tempat melanjutkan studi untuk belajar Computer Science.

Apalagi, sekarang ilmu teknologi sedang banyak diminati. Karena di era abad ke-21 ini, semuanya sudah serba teknologi. Lantas, apa saja rekomendasi universitas terbaik di Jepang jurusan Teknik Informatika?

Apa itu Computer Science?

Computer Science

Computer science adalah ilmu yang mempelajari seluruh sistem komputer dan jaringan (network).

Lulusan dari jurusan ini bertanggung jawab untuk menangani tugas yang berkaitan dengan operasi sistem perangkat lunak (software), hardware, database, dan analisis sistem komputer.

Karena itu, spesialisasi yang mereka dapatkan saat mengambil jurusan Teknik Informatika adalah bahasa pemrograman, data science, software development, information security, dan arsitektur jaringan.

Jurusan ini menuntut mahasiswanya untuk berpikir logis, analitis, dan sistematis dalam melihat permasalahan.

Tahukah kamu Sobat OTCA jika Jepang termasuk tech leader country? Jadi, keuntungan belajar Computer Science di Jepang, pasti akan diberikan pendekatan-pendekatan baru, seperti artificial intelligence dan data science yang sekarang ini sangat diminati oleh masyarakat!

Daripada penasaran terus, yuk langsung simak 5 universitas terbaik di Jepang jurusan Teknik Informatika yang paling dikagumi.

Baca juga: Rekomendasi Wisata Pantai di Jepang yang Indah

1. University of Tokyo

University of Tokyo

University of Tokyo merupakan salah satu universitas terbaik di Jepang untuk belajar Computer Science.

Tujuan departemen Computer Science di universitas ini adalah untuk menggabungkan pendidikan dan penelitian ilmu komputer dengan menggunakan pendekatan, seperti teori komputasi, bahasa pemrograman, informasi visual, arsitektur komputer, bioinformatika yang juga menjadi fundamental aspek komputer.

University of Tokyo juga memiliki 12 lab utama khusus untuk program computer science dengan spesialisasi yang berbeda-beda.

Berikut ini informasi tambahan untuk program Computer Science, University of Tokyo:

2. Kyoto University

Kyoto University

Kyoto University juga merupakan salah satu universitas terbaik di Jepang untuk belajar Teknik Informatika. Bahkan, lebih dari 22.000 mahasiswa internasional juga memilih universitas ini sebagai tempat belajar.

Program Computer Science yang telah berdiri sejak 1970 ini befokus pada pendidikan, praktik, dan pengembangan penelitian untuk teknologi baru.

Fokus dari program ini adalah mengajarkan beberapa bagian penting dalam teknologi, seperti teori informasi dan komunikasi, teori komputasi, algoritma, prinsip arsitektur, teknik hardware dan software, artificial intelligence, natural language processing, dan masih banyak lagi yang tentunya akan diajarkan bagaimana beberapa ilmu ini akan diaplikasikan untuk kehidupan sehari-hari.

Berikut ini informasi tambahan untuk program Computer Science di Kyoto University:

Baca juga: Fakta Unik Jepang yang Mungkin Tidak Kamu Tahu

3. Osaka University

Osaka University

Osaka University salah satu universitas tertua di Jepang. Universitas ini juga menyediakan program Computer Science yang memiliki kualitas terbaik, terutama terbuka juga untuk mahasiswa internasional!

Hal yang unik di Osaka University adalah program Computer Science masuk ke dalam Sekolah Engineering dengan nama School of Engineering Science.

Program Computer Science di Osaka University juga memiliki 3 program spesialisasi yang berbeda, yaitu Computer Science, Software Science, dan Mathematical Science.

Di Osaka University, semua program Computer Science menggunakan pendekatan matematika, statistika, dan informatika. Jadi, buat Sobat OTCA yang passion di bidang matematika, tapi suka ilmu komputer, universitas ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk studi lanjut.

Berikut ini informasi tambahan untuk program Computer Science di Osaka University:

4. Tohoku University

Tohoku University

Tohoku University merupakan universitas negeri yang dibangun sejak tahun 1907.

Universitas yang memiliki sejarah menerima mahasiswa perempuan pertama kali pada tahun 1913 ini, juga sebagai salah satu universitas terbaik di Jepang jurusan Teknik Informatika yang terbuka untuk mahasiswa internasional.

Tohoku University memiliki 4 spesialisasi dalam program Computer Science, yaitu:

  1. Computer and Mathematical Science
  2. System Information Science
  3. Human-Social Information Science
  4. Applied Information Science

Menggunakan pendekatan matematika, sosial, dan ilmu informatika, Tohoku University memiliki 40 lebih laboratorium dengan spesialisasi yang berbeda-beda.

Bahkan, laboratorium tersebut memfasilitasi mahasiswanya untuk melakukan penelitian terkait matematika, komputer, logika, robotika, media, sosial, kemanusiaan, life science, hingga data science, Sobat OTCA! Keren banget, kan?

Berikut ini informasi tambahan seputar Tohoku University untuk program Computer Science:

Baca juga: Chanoyu, Upacara Minum Teh Jepang

5. Waseda University

Waseda University

Siapa nih, yang ingin mengikuti jejak Jerome Pollin, apalagi belajar Computer Science lebih dalam lagi?

Sebagai universitas terbaik di Jepang jurusan Teknik Informatika, Waseda University termasuk universitas swasta di Jepang yang memiliki fokus tujuan mendidik masyarakat umum agar menjadi pribadi yang modern, independen, serta bermanfaat untuk dunia dan lingkungan sekitarnya.

Universitas yang juga pertama kali berdiri sejak tahun 1882 ini juga memiliki program Computer Science mulai dari program undergraduate hingga graduate yang berbasis penelitian. Mata kuliah yang diajarkan diantaranya seperti:

  • Statistika
  • Fundamental of Programming
  • Computer Architecture
  • Computer Language Processing
  • Digital System
  • Bioinformatics

Bahkan, ketika Sobat OTCA memilih melanjutkan studi di bidang Computer Science dan senang melakukan penelitian, ada beberapa spesialisasi yang bisa dipilih, mulai dari Information system, Intelligent Software, Computational, Media Intelligence, dan masih banyak lagi!

Berikut ini informasi tambahan seputar program Computer Science di Waseda University:

  • Website: Major in Computer Science & Communication Engineering – Waseda University: https://www.csce.waseda.ac.jp/
  • Beasiswa: MEXT Scholarship dan Mitsui-Bussan Scholarship
Scroll to Top
Kupas Tuntas

Persiapan Menjadi Pekerja Profesional di Jerman

di PREMIUM Bootcamp Ausbildung (Jakarta, 27 & 28 Juli 2024).

DISKON SPESIAL untuk Kamu yang JOIN Waiting List!