Persiapan Kuliah S1 di Jepang bagi Kamu yang Baru Lulus SMA

Angkat tangan di sini yang punya rencana kuliah S1-nya ke Jepang? Tapi masih bingung nih harus mulai dari mana? Sini-sini merapat, Minca bakalan kasih sedikit apa saja yang harus dipersiapkan untuk kuliah S1 ke Jepang.

Kuliah ke luar negeri merupakan impian bagi sebagian siswa Indonesia, baik itu untuk melanjutkan S1, S2, atau S3. Salah satu negara yang menjadi banyak incaran siswa untuk melanjutkan S1 khususnya adalah Jepang. Sebagai negara yang maju, Jepang memiliki sistem pendidikan yang berkualitas dan ketika lulus kamu pasti akan mendapatkan peluang kerja yang baik dan memiliki kesempatan untuk bekerja di perusahaan-perusahaan besar di Jepang.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu persiapkan ketika ingin kuliah S1 di Jepang:

1. Riset Informasi Tentang Universitas Impianmu

Sebelum jauh mempersiapkan hal-hal lain, pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah riset, riset, dan riset tentang informasi universitas dan program studi impianmu di Jepang. Jangan malas mencari informasi terkait hal ini ya, karena ini akan sangat membantu kamu menemukan gambaran umum terkait perkuliahan nantinya dan juga membantu kamu untuk mempersiapkan hal-hal lainnya, seperti persyaratan masuk ke universitas impianmu.

2. Mencari Informasi Persyaratan Masuk
 

Minca saranin untuk kamu ketika membaca persyaratan masuk, baca sedetail mungkin ya untuk menghindari point yang terlewat ketika mendaftar. Jika perlu, kamu bisa mencatat persyaratan-persyaratan tersebut di tempat yang bisa dijangkau mata agar tidak lupa. Biasanya syarat yang diperlukan adalah sertifikat tes bahasa baik itu bahasa Inggris (TOEFL atau IELTS) maupun bahasa Jepang (JLPT), CV, Ijazah, transkrip nilai, sertifikat prestasi akademik, surat rekomendasi, dan essay yang berisi motivasi kamu melanjutkan studi di Jepang.

3. Mencari Informasi Jadwal Pendaftaran

Setelah kamu mengetahui tentang persyaratan apa saja yang perlu kamu kumpulkan, kamu juga harus mencari informasi jadwal pendaftarannya dan lagi-lagi baca sedetail mungkin agar kamu tidak ketinggalan dalam mengikuti proses pendaftaran di universitas impianmu. Sama seperti yang sudah disinggung di atas, jika perlu dicatat dalam note atau gunakan reminder di smartphone kamu agar tidak terlewat.

4. Biaya Kuliah

Ada 2 cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa kuliah di Jepang. Pertama, kuliah di Jepang dengan biaya sendiri. Kedua, kuliah di Jepang dengan beasiswa. Jika kamu berencana untuk kuliah di Jepang dengan biaya sendiri artinya seluruh biaya pendidikan harus kamu tanggung sendiri. Bukan hanya biaya pendidikannya saja, tetapi biaya kehidupan sehari-hari pun, seperti makan, tempat tinggal, transportasi, dan kebutuhan lainnya itu kamu yang harus menanggung sendiri.

Jika kamu berencana kuliah dengan beasiswa artinya biaya pendidikan ditanggung oleh pemberi beasiswa, entah itu dari pemerintah Jepang, organisasi swasta, universitas, atau lembaga internasional. Perlu kamu perhatikan, bahwa beasiswa memiliki 3 jenis, yaitu beasiswa penuh, beasiswa sebagian, dan beasiswa hanya untuk biaya hidup. 

5. Pelajari Bahasa Jepang

Untuk bisa berkuliah di Jepang kamu harus mengikuti kelas Bahasa Jepang dulu sebelum bisa masuk kuliah, karena rata-rata perkuliahan di Jepang pengantarnya menggunakan bahasa Jepang. Kamu juga bisa curi start sebelum berangkat ke Jepang mengikuti dulu les bahasa Jepang di Indonesia, agar mempersingkat waktu dan mempermudah kamu dalam mengikuti kelas Bahasa Jepang di Jepang.

6.Mempersiapkan Tes Masuk Universitas 

Setiap calon mahasiswa yang mendaftar di universitas pilihan mereka wajib mengikuti tes ujian masuk universitas. Ujian ini biasanya terdiri dari tes kemampuan akademik, tes bahasa, dan wawancara. Sebelum mengikuti tesnya, penting untuk kamu banyak belajar dan latihan. 

7. Pelajari Budaya Jepang

Ketika kamu merantau ke tempat lain, penting untuk kamu mencari informasi dan mempelajari budaya tempat tersebut, termasuk Jepang. Beberapa budaya yang bisa kamu pelajari adalah adat istiadat, tata krama, dan norma-norma sosial yang berlaku. Jika kamu mempelajari budaya Jepang terlebih dahulu sebelum berangkat ke sana, maka ini akan membantu kamu lebih cepat dalam beradaptasi dengan budaya dan lingkungan sosial di Jepang.

Itulah 7 persiapan kuliah S1 di Jepang bagi kamu yang baru lulus SMA. MInca saranin untuk persiapkan semuanya jauh-jauh hari ya, agar semua persiapan dilakukan dengan matang dan memperbesar kemungkinan kamu untuk masuk ke universitas impianmu di Jepang.

Bagi kamu yang ingin curi start persiapan dari sekarang, kamu bisa mengikuti kelas bahasa Jepang di OTCA. Selagi kamu belajar bahasa Jepang di OTCA, kamu juga bisa sambil mempersiapkan hal lainnya, karena kelas Bahasa Jepang di OTCA punya jadwal yang flexible bisa kapan saja dan di mana saja. Penasaran kan? Kamu bisa kepoin media sosial OTCA di @jepang.koey dan @official.otca untuk informasi seputar kelas dan informasi menarik lainnya tentang Jepang. 

Yuk Persiapkan Bahasa Jepangmu Bersama OTCA Biaya Mulai Dari 99K/Bulan

Loading...

Konsultasi Program Studi/Karir di Jepang Klik Link Dibawah

Loading...
Scroll to Top
Kupas Tuntas

Persiapan Menjadi Pekerja Profesional di Jerman

di PREMIUM Bootcamp Ausbildung (Jakarta, 27 & 28 Juli 2024).

DISKON SPESIAL untuk Kamu yang JOIN Waiting List!