Pengertian Tokutei Ginou (TG) / Specified Skill Workers (SSW)

Pengertian Tokutei Ginou (TG) / SSW, Kerja di 14 Industri Jepang!

Pengertian Tokutei Ginou (TG) banyak dicari dan menjadi banyak incaran oleh warga atau masyarakat Indonesia yang notabene ingin pergi dan berkarier ke Jepang.

Dalam istilah lain, TG ini biasanya diartikan dengan Specified Skill Workers (SSW). Wah, dari istilahnya saja sudah menarik ya.

Bagi kamu yang meminati program ini, tentu butuh persiapan khusus dan matang agar bisa sampai ke Jepang dengan lancar di sana.

Lantas, yang jadi pertanyaan, apa itu pengertian Tokutei Ginou (TG) itu sendiri? Simak penjelasan lengkap dari MinCA!

Pengertian Tokutei Ginou (TG)

Bekerja di Jepang

Tokutei Ginou (TG) adalah skema keterampilan tertentu yang bertujuan dalam menerima warga asing dengan kemampuan dan keterampilan tertentu di sektor industri yang kesulitan mendapat tenaga kerja di dalam negeri.

Kesannya sulit diartikan ya? Mudahnya, program TG ini program dari pemerintah Jepang untuk memberi kesempatan pada warga asing dengan skill tertentu untuk dapat bekerja di Jepang.

Tokutei Ginou (TG) ini biasanya memiliki nama lain, yakni Specified Skill Workers (SSW) yang artinya juga sama.

Beberapa benefit saat kamu menjalani program TG ini, seperti:

  • Biaya keberangkatan relatif murah. Dibandingkan dengan program magang yang lain, TG menjadi pilihan yang ramah di kantong.
  • Bisa berpindah perusahaan. Kamu diberikan kesempatan pindah perusahaan dengan bidang yang sama, sesuai dengan skill yang kamu miliki. Sehingga, kesempatan belajar dan bekerja lebih banyak.
  • Bisa membawa keluarga. Kamu juga diberikan akses membawa keluarga setelah 5 tahun atau menggunakan Visa Tokutei Ginou 2 Go. Bahkan, ada kemungkinan bisa membawa anak juga.
  • Masa kontrak hingga 5 tahun. Program ini memberi kamu kesempatan untuk masa kerja yang panjang hingga 5 tahun lamanya.
  • Batasan usia yang bisa lebih luas. Usia di atas 35 tahun masih bisa berpartisipasi, selama mempunyai sertifikat yang dibutuhkan.
  • Kesempatan mempunyai Visa Permanen Residen. Setelah tinggal di Jepang selama 10 tahun menggunakan Visa Tokutei Ginou, kamu bisa memperoleh permanen residen sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Bekerja di Jepang apalagi dalam program TG atau SSW ini memang menjadi idaman tersendiri.

Untuk jam kerja di Jepang, penting untuk kamu ketahui tidak jauh berbeda dengan di Indonesia. Biasanya, di Jepang menerapkan 8 jam kerja.

Hari kerjanya juga antara 5 hingga 6 hari dalam seminggu. Selain itu, potensi gaji yang didapat juga terbilang tinggi hingga puluhan juta.

Program ini berlaku mulai dari 1 April 2019 silam. Pemegang visa program ini bisa bekerja di perusahaan Jepang dengan hak dan kewajiban yang sama dengan pekerja Jepang pada umumnya.

Ketentuan Mengikuti Program Tokutei Ginou (TG)

Ketentuan kerja di Jepang

Setelah memahami pengertian Tokutei Ginou (TG) / Specified Skill Workers (SSW) di atas, kamu juga harus mengetahui ketentuan atau syarat untuk melaksanakan program tersebut.

Berikut ini syarat Tokutei Ginou (TG) yang harus dipenuhi:

  • Curriculum Vitae (CV)
  • Usia 18 – 35 tahun
  • Ijazah terakhir minimal SMA / SMK / Sederajat
  • Memiliki sertifikat bahasa Jepang JLPT N4 atau JFT test
  • Sertifikat tes Tokutei Ginou (TG)

Alasan Pemerintah Jepang membuat keputusan mengenai program ini karena berkurangnya usia produktif bagi warga lokal Jepang.

Hal ini tentu menjadi pengaruh ketidakseimbangan antara jumlah pekerja usia produktif dan permintaan tenaga kerja yang kian meningkat.

Di sisi lain, banyaknya peluang kerja paruh waktu dan kerja magang yang dilakukan oleh perusahaan di Jepang.

Perlu kamu ketahui, program ini dibedakan menjadi 2 macam / jenis:

  • Tokutei Ginou (TG) 1, kandidat diwajibkan lulus ujian kompetensi bahasa dan keterampilan level menengah, memiliki izin tinggal di Jepang 5 tahun, tidak boleh membawa anggota keluarga, dan dapat pindah tempat kerja di bidang yang sama.
  • Tokutei Ginou (TG) 2, kandidat harus menyelesaikan TG 1 selama 5 tahun, mengikuti dan lulus ujian kompetensi tingkat ahli dan kategori pekerjaan yang dilakukan pada TG 1. Setelah lulus ujian, pekerja bisa terus memperpanjang izin tinggal selama masih bekerja, bisa membawa anggota keluarga tinggal di Jepang, hingga pindah tempat kerja di bidang yang sama.

🤔 Tahukah kamu?
Ada sebanyak 14 sektor / bidang pekerjaan Tokutei Ginou (TG) / Specified Skill Workers (SSW) yang bisa kamu pilih.

14 bidang pekerjaan tersebut mencakup perawat lansia, pembersihan gedung, konstruksi, pembuatan kapal dan kelautan, jasa makanan, pertanian, perhotelan, perawatan mobil, aviasi, perikanan, pengolahan makanan dan minuman, material casting, manufaktur mesin industri, dan industri terkait informasi, listrik, dan elektronik.

Baca juga:

Persiapkan Tokutei Ginou (TG), Jangan Lupa dengan Kemampuan Bahasa Jepangnya!

Mengetahui mengenai pengertian Tokutei Ginou (TG) / Specified Skill Workers (SSW) di atas, ada begitu banyak hal yang harus disiapkan dari sekarang.

Salah satu yang terpenting adalah sertifikasi bahasa Jepang. Hal ini penting, karena saat berada di Jepang, kamu akan berkomunikasi 100% dalam bahasa Jepang. Jadi, kamu harus bisa bahasa Jepangnya dulu.

One Third Consulting and Abroad (OTCA) / PT Sepertiga Bahasa Internasional sebagai perusahaan bahasa asing terbesar se-Asia Tenggara bisa melatih kemampuanmu berbahasa Jepang. Kamu bahkan bisa private, bahkan cocok bagi pemula sekalipun.

Klaim Diskon Belajar Bahasa Jepang Hingga Rp 800 Ribu!

Kamu mendapatkan klaim total diskon hingga Rp 800 ribu untuk mengikuti belajar bahasa Jepang. Lebih dari 18.400 lulusan (data per 2023) telah bergabung bersama OTCA. Amankan seat, terbatas tiap bulannya!

benefit istimewa yang kamu raih saat ikut kursus kelas belajar bahasa Jepang online bersertifikat di OTCA:

  1. Sebagai persiapan kemampuan berbahasa dan ujiang JLPT
  2. 12 kali pertemuan dalam 1 bulan
  3. 🎁 Akses gratis video learning Jepang (120+ video belajar)
  4. 🎁 Akses gratis modul PDF
  5. 🎁 Akses gratis rekaman kelas belajar
  6. 🎁 Akses gratis webinar OTCA eksklusif
  7. Bebas konsultasi studi dan karier bersama Tutor berpengalaman (pernah studi dan berkarier di Jepang)
  8. Bisa konsultasi tentang beasiswa, TG / SSW, dan banyak lainnya
  9. Jadwal fleksibel secara online

Dipublikasikan pada 16 Agustus 2023 dan telah di-review oleh Nurul Sensei (Japan Lead Tutor OTCA). OTCA sebagai perusahaan bahasa asing online bersertifikat terbesar di Asia Tenggara dengan 18.400+ lulusan, siap membantumu belajar, studi, dan berkarier ke China, Jepang, Jerman, Korea Selatan, dan Prancis.

Scroll to Top
Kupas Tuntas

Persiapan Menjadi Pekerja Profesional di Jerman

Melalui PREMIUM Bootcamp Ausbildung (Jakarta, 20 & 21 Juli 2024).

DISKON 10% untuk Kamu yang JOIN Waiting List!