Pekerjaan yang dibutuhkan di Jepang

6 Bidang Pekerjaan yang Dibutuhkan di Jepang, Tidak Jauh Berbeda dengan Indonesia!

Jepang, salah satu negara besar di dunia yang terletak di Benua Asia ini menjadi ikon budaya dan beberapa hal menarik lainnya, seperti perkembangan dunia pendidikan dan inovasi teknologi yang canggih.

Dalam hal pendidikan, Jepang unggul dengan kualitas pendidikannya. Terbukti dengan menjadi salah satu 20 negara dengan kualitas pendidikan terbaik di dunia.

Beberapa universitas disana juga menjadi incaran para mahasiswa internasional, seperti Tokyo University, Kyoto University dan Tokyo Institute of Technology.

Di dunia professional, Jepang juga terkenal dengan budaya kerja yang tekun. Tidak heran, perkembangan beberapa perusahaan asal Jepang sudah dapat merajai pasar di dunia.

Sayangnya, populasi penduduk Jepang semakin berkurang setiap tahun yang berimbas tidak tersedianya pekerja bagi perusahaan. Hal ini juga menarik perhatian bagi masyarakat dunia, khususnya bagi kamu yang memang bercita-cita bisa bekerja di negeri sakura tersebut.

Sebelum itu, kamu harus tahu dulu pekerjaan yang dibutuhkan di Jepang agar kesempatan dapat diterima lebih besar lagi. Ini dia list-nya.

1. Caregiver

Caregiver

Sudah disebutkan jika Jepang menghadapi masalah kesenjangan antara umur dewasa atau produktif dengan lansia. Hal ini menyebabkan perlu banyak careworker atau pengurus bagi orang tua disana.

Terlebih lagi, orang dengan umur produktif disana cenderung fokus pada kariernya.

Untuk tugasnya yakni menjaga dan memperhatikan kesehatan lansia, mulai dari menemani terapi dan memastikan obat diminum sesuai jadwal. Adapun gajinya bisa mencapai 200.000 yen sampai 600.000 yen sebulan atau setara dengan Rp 26,7 juta hingga Rp 80 juta sebulan. Menarik bukan?

2. Machine Parts and Tooling Industries

Machine parts and tooling industries

Pekerjaan yang dibutuhkan di Jepang selanjutnya adalah Machine Parts and Tooling Industries, sebuah posisi di industri mesin.

Tugas dari bagian ini adalah inspeksi mesin serta electroplating. Tentunya, posisi ini perlu keahlian khusus sehingga tidak semua orang bisa mendaftar. Kamu harus menyelesaikan 13 ujian keterampilan kerja terlebih dahulu.

Baca juga: Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Jepang

3. Construction Industry

Construction industry

Di Industri Konstruksi juga masuk ke jajaran pekerjaan yang dibutuhkan di Jepang. Pada pekerjaan ini sebenarnya sama saja dengan kuli di Indonesia, tetapi jika kamu bekerja sebagai kuli di Jepang, harus menyelesaikan 11 ujian keterampilan dulu.

Seleksi yang ketat juga berhubungan dengan izin kerja bagian ini dipegang langsung oleh Menteri Pertahanan Jepang.

4. Food Service Industry

Food service industry

Bagi kamu yang tertarik dengan dunia FNB, kamu bisa coba menjadi bagian Food Service Industry. Pada industri ini, kebanyakan pekerja akan menempati bagian sebagai staff dari restoran.

Ini menjadi poin plus kamu jika tertarik dengan kuliner di Jepang. Adapun tugas yang kamu kerjakan sama dengan pramusaji, yakni melayani pembeli, menyiapkan pesanan makanan, sampai berurusan dengan manajerial restoran itu sendiri.

Perlu dicatat jika kamu ingin bekerja dengan posisi ini, diperlukan skill komunikasi dan berbahasa yang baik.

Baca juga: Mengenal Kota Akihabara Jepang, Pusatnya Pecinta Anime dan Manga

5. Agriculture

Agriculture

Bukan hanya bidang manufaktur, pertanian di Jepang juga sudah sangat maju dengan penggunaan teknologi dalam prosesnya.

Mengenai apa yang dikerjakan, kurang lebih sama dengan yang di Indonesia. Kamu akan menanam dan memanen padi, sayur, buah, kemudian mengelola hasil panen, mengirim hasil panen ke pemasok atau perusahaan.

6. Fishery and Aquaculture

Fishery and aquaculture

Pekerjaan paling dibutuhkan di Jepang selanjutnya yaitu di bidang laut dan perikanan. Seperti yang diketahui oleh umum, makanan khas Jepang mayoritas berbahan dasar ikan.

Maka dari itu, konsumsi olahan hasil laut cukup tinggi dan menyediakan lapangan kerja yang luas. Jenis pekerjaannya juga luas, mulai dari budidaya ikan, pengoperasian mesin industri, hingga penangkapan ikan.

Baca juga:

Belajar Bahasa Jepang Hanya di OTCA

One Third Consulting and Abroad (OTCA) / PT Sepertiga Bahasa Internasional adalah perusahaan kelas kursus bahasa asing online bersertifikat terbaik di Indonesia.

Bahasa asing yang tersedia mencakup bahasa Jepang, Jerman, Korea, Mandarin, dan Prancis. Selain itu, kamu juga bisa konsultasi studi, karier, hingga program ke luar negeri.

Sebagai lembaga bahasa asing terbesar se-Asia Tenggara, per 2023, sudah lebih dari 17.900+ lulusan bergabung bersama OTCA. Terlebih, didukung 200+ Tutor berpengalaman dan pernah studi dan berkarier di luar negeri juga.

Apa yang kamu butuhkan? OTCA punya semua!

Scroll to Top
Kupas Tuntas

Persiapan Menjadi Pekerja Profesional di Jerman

Melalui PREMIUM Bootcamp Ausbildung (Jakarta, 20 & 21 Juli 2024).

DISKON 10% untuk Kamu yang JOIN Waiting List!