Mengenal Universitas Khusus Perempuan di Jepang

Di Indonesia, jarang terdengar universitas khusus perempuan. Rata-rata di Indonesia, sekolah khusus perempuan ada pada tingkat SD, SMP, dan SMA. Beda halnya dengan di Jepang. Jepang punya universitas hanya diperuntukan untuk perempuan. Otomatis, universitas-universitas ini hanya menerima mahasiswa perempuan sebagai siswanya. 

“Kenapa Jepang membuat universitas khusus perempuan?”

Jepang membuat universitas khusus perempuan karena pada awalnya sebagai bentuk tanggapan terhadap ketidakadilan gender dan kesulitan bagi perempuan dalam mencapai pendidikan dan karir yang setara dengan laki-laki. Zaman dahulu, perempuan selalu dianggap kurang kompeten dan tidak diizinkan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau bisa memilih karir yang diinginkan. Maka dari itu, Universitas khusus perempuan di Jepang didirikan dengan tujuan untuk memberikan pendidikan dan pengembangan karir yang seimbang bagi perempuan, serta menciptakan lingkungan belajar yang aman dan mendukung bagi siswa perempuan.

Berkat adanya universitas khusus perempuan inilah, para perempuan di Jepang diberikan kesempatan untuk memperoleh pendidikan yang setara dan dapat memperoleh keterampilan yang dibutuhkan untuk mencapai karir mereka. Lingkungan belajar yang mendukung dan program-program studi yang disediakan berfokus pada isu-isu perempuan. Hal ini membantu meningkatkan kesadaran akan isu-isu gender dan peran perempuan dalam masyarakat.

Universitas khusus perempuan pertama di Jepang adalah Tokyo Women’s Normal School atau yang sekarang lebih dikenal sebagai Ochanomizu University. Universitas ini didirikan pada tahun 1875 dan merupakan sekolah untuk mendidik guru perempuan dan kemudian berkembang menjadi universitas khusus perempuan yang menawarkan berbagai program studi dan disiplin ilmu. 

Tokyo Women’s Normal School didirikan sebagai tanggapan terhadap kesulitan bagi perempuan di Jepang dalam memperoleh pendidikan yang setara dengan laki-laki pada saat itu. Pada saat itu, pendidikan tinggi di Jepang hanya tersedia bagi laki-laki saja, sedangkan perempuan selalu dianggap kurang kompeten dan dianggap tidak perlu memperoleh pendidikan yang setara dengan laki-laki. Dengan didirikannya universitas ini, perempuan diberikan kesempatan untuk memperoleh pendidikan yang setara dan dapat memperoleh keterampilan yang dibutuhkan untuk mencapai potensi karir mereka. 

Dengan adanya universitas khusus perempuan inilah para perempuan bisa belajar di lingkungan belajar yang aman dan mendukung, karena universitas khusus perempuan di Jepang menawarkan keamanan dan perlindungan bagi siswa perempuan dari berbagai bentuk pelecehan atau diskriminasi gender yang mungkin bisa terjadi di universitas yang bukan khusus perempuan atau campuran. 

Universitas khusus perempuan di Jepang sama seperti universitas-universitas pada umumnya yang menawarkan berbagai program studi dalam berbagai disiplin ilmu, termasuk seni, sains, teknologi, bisnis, dan humaniora. Selain menawarkan berbagai program studi, universitas khusus perempuan di Jepang pun menawarkan berbagai ekstrakulikuler yang dirancang khusus untuk memperkuat keterampilan kepemimpinan, keterampilan sosial, dan keterampilan kerjasama dalam tim, serta universitas khusus perempuan juga memberikan kesempatan untuk terlibat dalam kegiatan yang berfokus pada isu-isu perempuan.

Nih, Minca bakalan kasih kamu 4 universitas khusus perempuan di Jepang yang mungkin bisa menjadi referensi kamu untuk melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri:

  1. Ochanomizu University

Universitas ini didirikan pada tahun 1875 dan terkenal karena program-programnya dalam ilmu alam dan pendidikan.

  1. Tokyo Woman’s Christian University

Universitas ini didirikan pada tahun 1901 dan menawarkan berbagai program studi di bidang seni, ilmu sosial, sains, dan humaniora.

  1. Tsuda University

Universitas ini didirikan pada tahun 1900 dan menawarkan program studi di bidang humaniora, sains, dan seni.

  1. Japan Women’s University

Universitas ini menawarkan berbagai program studi di bidang humaniora, sains, dan seni.

Itulah sedikit ulasan tentang universitas khusus perempuan di Jepang. Jadi, apa tanggapanmu soal universitas khusus perempuan di Jepang? Apakah kamu tertarik untuk kuliah di sana? Untuk mempersiapkan kuliahmu di Jepang, kamu bisa ikutan kelas bahasa Jepang di OTCA. Kamu bisa kepoin kelasnya dan konsultasi soal pendidikan dan karirmu bareng Minca di http://bit.ly/KelasOTCA 

Yuk Persiapkan Bahasa Jepangmu Bersama OTCA Biaya Mulai Dari 99K/Bulan

Loading...

Konsultasi Program Studi/Karir di Jepang Klik Link Dibawah

Loading...
Scroll to Top
Kupas Tuntas

Persiapan Menjadi Pekerja Profesional di Jerman

Melalui PREMIUM Bootcamp Ausbildung (Jakarta, 20 & 21 Juli 2024).

DISKON 10% untuk Kamu yang JOIN Waiting List!