Fakta unik Jepang

4 Fakta Unik Jepang yang Mungkin Tidak Kamu Tahu

Jepang terkenal dengan keragaman budaya yang cukup berbeda dengan negara lain. Selain dikenal sebagai negara maju, Jepang juga punya sisi unik dalam berbagai aspek.

Salah satunya dari segi budaya, orang Jepang sangat menjunjung tinggi nilai budaya yang dimilikinya. Itulah mengapa budaya-budaya Jepang tidak akan pernah luntur dan tetap lestari.

Fanatik Jepang bahkan dirasakan juga oleh beberapa kalangan di masyarakat Indonesia. Hal ini yang membuat Jepang menjadi semakin populer. Berikut ini beberapa fakta unik Jepang yang mungkin belum kamu tahu.

1. Budaya Disiplin yang Tinggi

Disiplin di Jepang

Fakta unik Jepang yang pertama adalah kebiasaan dari orang Jepang selalu menjunjung tinggi budaya kedisiplinan. Bahkan, para orang tua di Jepang selalu menanamkan nilai-nilai itu sejak dini.

Salah satu budaya disiplin Jepang, adalah mengantri.

Orang Jepang selalu mementingkan aspek kedisiplinan ini walaupun dalam keadaan genting. Mereka tidak akan mau menyerobot antrian secara paksa karena itu dinilai tidak sopan dan nol attitude.

Nah, budaya seperti inilah yang seharusnya kita contoh dan terapkan di Indonesia.

Baca juga: Pengertian Wibu, Ciri-Ciri, dan Perbedaannya dengan Otaku

2. Tradisi Makan yang Unik

Makan bunyi "slurp" di Jepang

Orang Jepang selalu mengedepankan tata krama di mana pun mereka berada, termasuk saat makan. Namun, budaya ini cenderung unik.

Jika di Indonesia mengeluarkan suara saat makan dinilai tidak sopan, maka berbeda dengan yang ada di Jepang.

Masyarakat Jepang menganggap mengeluarkan suara saat makan, terutama mi dengan bunyi “slurp” itu dinilai sebagai bentuk pujian atas makanan tersebut.

Selain itu, masyarakat Jepang juga selalu mendekatkan mangkok makanannya saat makan sebagai bentuk kesopanan.

3. Budaya Lingkungan yang Bersih

Kebersihan di Jepang

Fakta unik Jepang selanjutnya juga mengejutkan bahwasannya orang Jepang sangat memperhatikan kebersihan lingkungan sekitarnya.

Jika mereka singgah di suatu tempat, maka mereka tidak akan meninggalkan sampahnya tetapi membawanya pulang. Sehingga lingkungan yang ada di Jepang tidak akan tercemar oleh sampah.

Berkat budaya bersih yang diterapkan oleh masyarakat, Jepang sempat masuk dalam daftar negara Asia terbersih urutan ke-12 dengan skor EPI mencapai hingga 75,1.

Baca juga: Ucapan Selamat Pagi, Siang, Sore, dan Malam dalam Bahasa Jepang

4. Budaya Cosplayer

Cosplayer

Cosplayer adalah sebutan bagi orang-orang yang berkostum menyerupai anime.

Cosplay sendiri merupakan gabungan dari kata “costume” dan “play” yang artinya menirukan visual dari sebuah tokoh dalam anime, manga atau video character yang terkenal.

Para pecinta anime bisa mengekspresikan hobinya lewat cosplayer. Dari awal kemunculannya, budaya ini mendapat antusiasme yang tinggi baik dari masyarakat Jepang ataupun luar negeri, seperti Indonesia.

Tak jarang, di Indonesia juga mengadakan event Jejepangan dengan melakukan cosplay.

Scroll to Top
Kupas Tuntas

Persiapan Menjadi Pekerja Profesional di Jerman

Melalui PREMIUM Bootcamp Ausbildung (Jakarta, 20 & 21 Juli 2024).

DISKON 10% untuk Kamu yang JOIN Waiting List!