Apa Itu Ujian JLPT?

Ujian JLPT atau Japanese Language Proficiency Test adalah sebuah tes kemampuan bahasa Jepang yang diadakan secara internasional. Ujian ini dirancang untuk mengukur dan mengevaluasi kemampuan bahasa Jepang bagi penutur asing yang bukan penutur asli bahasa Jepang. Ujian ini juga digunakan sebagai standar penilaian kemampuan bahasa Jepang dalam dunia pendidikan, industri, dan pemerintah. Tes JLPT terdiri dari beberapa level, mulai dari N5 yang merupakan nilai terendah hingga N1 yang merupakan nilai tertinggi. Masing-masing level akan menilai kemampuan mendengar, membaca, dan menulis dalam bahasa Jepang. Tingkatan N5 dan N4 menilai kemampuan dasar bahasa Jepang, sedangkan tingkatan N3 hingga N1 menilai kemampuan yang lebih tinggi. 

Setiap tingkatan ujian JLPT memiliki materi yang berbeda, tetapi secara umum, ujian ini akan menguji kemampuan peserta dalam kosakata, tata bahasa, membaca, mendengar, dan menulis dalam bahasa Jepang. 

Setelah kamu mengetahui gambaran umum materi apa saja yang akan keluar pas saat ujian JLPT, kamu juga perlu mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian JLPT. Berikut Minca akan kasih kamu hal apa saja yang harus kamu persiapkan untuk mengikuti ujian JLPT.

  1. Hal utama yang harus kamu lakukan adalah mendaftar dan membayar biaya pendaftaran yang bisa dilakukan melalui situs web resmi JLPT atau melalui lembaga yang ditunjuk.
  2. Setelah kamu melakukan pendaftaran, kamu juga perlu menyiapkan materi pelajaran yang akan diujikan. Minca udah kasih juga nih gambaran umum materi apa saja yang akan diujikan. Kamu bisa belajar melalui buku teks, buku latihan, dan materi pembelajaran lainnya untuk memperdalam pemahaman kamu tentang bahasa Jepang.
  3. Yang ga kalah penting nih, selain belajar materi yang diujikan, kamu juga perlu berlatih dengan tes simulasi. Kenapa?. Karena latihan tes simulasi akan sangat membantu kamu dalam meningkatkan kemampuan dan mempersiapkan diri untuk ujian yang sesungguhnya. Kamu bisa melakukan latihan tes simulasi secara online atau dalam bentuk buku.
  4. Tentukan tingkat ujian yang sesuai dengan kemampuan bahasa Jepang kamu. Pastikan untuk memilih tingkat ujian yang sesuai dengan kemampuan bahasa Jepang kamu.
  5. Hal ini penting sekali untuk kamu persiapkan, yaitu persiapkan diri secara mental dan fisik. Pastikan sebelum ujian, kamu memiliki tidur yang cukup dan menghindari kelelahan sebelum hari ujian. Jangan lupa sebelum hari ujian, kamu persiapkan barang-barang yang akan diperlukan ketika ujian, seperti kalkulator, pensil, penghapus, dan ID atau kartu identitas.
  6. Terakhir, pastikan sebelum hari ujian, kamu sudah mengetahui jadwal ujian dan tempat pelaksanaanya. Jika memungkinkan kamu bisa survey ke tempat pelaksanaan ujian sebelum hari ujian, tujuannya agar tidak terlambat dan dapat menghindari kecemasan.

Ujian JLPT biasanya diadakan dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juli dan Desember. Untuk tahun 2023 ini ujian JLPT akan diadakan pada 2 Juli dan 3 Desember tahun 2023. Jangan lupa dicatat ya. 

Untuk biaya pendaftaran ujian JLPT bervariasi tergantung pada negara dan wilayah tempat ujian dilaksanakan. Biaya pendaftaran untuk setiap level pun berbeda. Untuk informasi ujian JLPT lebih lanjut kamu bisa mengunjungi tautan web resmi JLPT https://www.jlpt.jp/e/

Dengan kamu mempersiapkan diri kamu dengan baik dan matang, diharapkan kamu dapat mengikuti ujian dengan percaya diri dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Untuk kamu yang ingin mempersiapkan ujian JLPT, kamu bisa mengikuti program kelas bahasa Jepang di OTCA dan belajar bareng tutor-tutor keren kami. Untuk informasi program kelas bahasa Jepang di OTCA kamu bisa mengunjungi media sosial OTCA di @jepang.koey atau @official.otca.

Yuk Persiapkan Bahasa Jepangmu Bersama OTCA Biaya Mulai Dari 99K/Bulan

Loading...

Konsultasi Program Studi/Karir di Jepang Klik Link Dibawah

Loading...
Scroll to Top
Kupas Tuntas

Persiapan Menjadi Pekerja Profesional di Jerman

di PREMIUM Bootcamp Ausbildung (Jakarta, 27 & 28 Juli 2024).

DISKON SPESIAL untuk Kamu yang JOIN Waiting List!