Biaya Hidup di Jerman

Estimasi Biaya Hidup di Jerman

Biaya Hidup di Jerman

Apakah kamu ingin bekerja, kuliah, ataupun berlibur ke Jerman? kalau iya, akan lebih baik kalau kamu mempertimbangkan biaya hidup di Jerman lebih dahulu. Jerman sendiri adalah salah satu negara maju yang ada di Uni Eropa, jadi sudah pasti (jika dibandingkan dengan Indonesia) Jerman memiliki biaya hidup yang jauh lebih tinggi. Namun, apabila dibandingkan dengan Negara Uni Eropa lainnya. Biaya hidup di Jerman sudah termasuk cukup murah lho.

Menurut Firma Konsultasi (Mercer), kota-kota besar di Jerman sendiri tidak termasuk dalam 100 daftar kota termahal di dunia. Bahkan, ibu kota Jerman (Berlin) ada di peringkat ke-120. Hal ini menjadikan Berlin sebagai salah satu ibukota di negara Eropa yang biaya hidupnya paling murah.

Baca juga : Minuman Khas Jerman yang Populer

Biaya Sewa Apartemen di Jerman

Aspek pertama yang harus kita bahas tentunya adalah hunian. Salah satu jenis hunian yang paling terjangkau di Jerman adalah apartemen. Di Jerman sendiri, apartemen ini memiliki beberapa jenis. Salah satunya adalah tipe apartemen dengan 1 kamar tidur dengan dapur dan toilet.

Meskipun tidak terlalu luas, namun apartemen tipe ini cukup nyaman kok untuk ditempati 1 atau 2 orang.

Di kota-kota besar Jerman. Harga apartemen ini sekitar 200 hingga 500 Euro per bulan. Tergantung letak dan spesifikasi lanjutan. Kamu juga harus membayar biaya air dan listrik yang berkisar antara 40-75 Euro serta biaya Furniture sekitar 10-15 Euro.

Mau lebih irit? Kamu bisa tinggal bareng temanmu dan membagi biaya sewanya

Baca juga : 5 Kota Termurah di Jerman

Ongkos Makan di Jerman

Makanan-makanan yang ada di Jerman tentu saja berbeda dengan makanan-makanan di Indonesia. Jadi, untuk awalan kamu mungkin belum terbiasa. Untuk lebih hemat, cobalah untuk memasak makanan sendiri. Apalagi, tipe apartemen yang kamu pilih sudah memiliki dapur sendiri.

Untuk makan di restoran di Jerman, setidaknya kamu harus merogoh kocek sekitar 10 Euro untuk 1 piring. Sementara itu, kalau kamu masak sendiri biayanya hanya berkisar 100 Euro per bulan untuk tipe makanan standar dan sederhana.

Baca juga : Tokoh-Tokoh Ternama dari Jerman

Biaya Belanja Pakaian di Jerman

Biaya Belanja Pakaian di Jerman

Biaya hidup di Jerman selanjutnya adalah biaya belanja pakaian. Untuk biaya ini sendiri sebearnya tidak wajib ya. Hanya saja, kamu mungkin memerlukan pakaian ganti ketika tinggal di sana.

Di Jerman, kamu bisa menemukan berbagai pakaian bekas (bahkan dari Brand ternama) dengan mudah. Kamu bisa menggunakan C&A. Kualitasnya pun cukup bagus, asal kamu pintar memilih dan menawar.

1 buah kaos berkisar antara 3-7 Euro, Tas antara 5-15 Euro, kemeja mulai dari 15 Euro, Jaket 30 Euro, Jenas 15 Euro, dan lain sebagainya.

Baca juga : 5 Bangunan Bersejarah di Jerman

Biaya Transportasi Umum di Jerman

Biaya hidup di Jerman yang satu ini cukup wajib untuk kamu keluarkan lho. Beda dengan warga Indonesia yang lebih suka menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil. Orang-orang di Jerman sendiri lebih suka bersepeda.

Untuk sepeda sendiri, jika kamu adalah mahasiswa kamu bisa membeli tiket dengan harga sekitar 170 Euro per bulan. Sementara itu, kalau kamu adalah pekerja. Kamu harus membayar sekitar 80 Euro per bulan. Untuk tiket sekali jalan harganya berkisar antara 1,4 -2,6 Euro.

Mau lebih hemat lagi? Kamu bisa beli sepeda sendiri atau jalan kaki.

Baca juga : Kosakata Bahasa Jerman yang Mirip Bahasa Indonesia

Selain biaya-biaya di atas, kamu masih harus mengeluarkan uang untuk biaya lain. Seperti biaya asuransi, internet, dan sejenisnya. Jika di total, biaya hidup di Jerman berkisar antara 500 – 1.000 Euro atau Rp 7,5 – 15 juta per bulannya.

Nah, itulah estimasi biaya hidup di Jerman. Namun, estimasi diatas hanya perkiraan ya. Tidak bisa kamu jadikan patokan resmi, lantaran hal ini sendiri sangat fleksibel alias tergantung pada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Contohnya saja adalah gaya hidupmu.

 

 

Yuk Persiapkan Bahasa Jermanmu Bersama OTCA Biaya Mulai Dari 99K/Bulan

Loading...

Konsultasi Program Studi/Karir di Jerman Klik Link Dibawah

Loading...

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.