Biaya G to G Korea Selatan, Minimal Rp 15 Juta?

Tertarik untuk mengikuti program G to G Korea Selatan? Sudah tahu berapa biaya G to G Korea Selatan yang harus disiapkan?

G to G Korea Selatan menjadi program untuk menyalurkan tenaga kerja Indonesia ke Korea Selatan. Pekerjaan yang dilakukan ada berbagai macam bidang.

Program ini merupakan program resmi kerja sama Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Korea Selatan. Sehingga, penyelenggara bukan dari golongan swasta.

Lantas bagaimana proses mengenai program G to G Korea Selatan itu sendiri? Berapa banyak biaya G to G Korea Selatan yang harus dipersiapkan? Mari MinCA bantu jelaskan!

G to G Korea Selatan adalah Program Resmi Pemerintah

Gedung Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI)

Seperti yang telah disinggung pada pengantar sebelumnya, MinCA katakan bahwa program ini merupakan program kerja sama pemerintah secara resmi, bukan melalui lembaga penyalur swasta.

Program G to G singkatan dari “Government to Government“. Kerja sama bilaterail ini antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Korea Selatan terkait penyaluran tenaga kerja.

Tenaga kerja tersebut bukan hanya tujuan ke Korea Selatan. Ada banyak relasi dengan pemerintah negara lain, seperti Australia, Jepang, Jerman, dan banyak lagi lainnya.

G to G Korea Selatan ini dibawah naungan dari Pemerintah Indonesia, spesifik dari Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI).

Program G to G Korea Selatan banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, karena:

  • Persyaratan yang cenderung mudah dan tidak terlalu ribet
  • Lulusan SMP bisa mendaftar (walaupun diutamakan adalah minimal lulusan SMA / SMK / Sederajat)
  • Gaji bulanan tinggi, setidaknya Rp 20 juta dalam sebulan (jika dikonversi dalam rupiah)

Namun, untuk menuju program ini, tentunya butuh persiapan yang matang. Salah satu syarat mutlak yang harus dipenuhi adalah kemampuan berbahasa Korea. Karena, keseharian di sana akan menggunakan bahasa Korea Selatan.

Sehingga, sebagai wujud pembuktiannya, peserta harus dibuktikan dengan sertifikasi EPS-TOPIK. Ujian sertifikasi tersebut singkatan dari Test of Proficiency in Korea.

Berapa Biaya G to G Korea Selatan yang Harus Disiapkan?

Biaya kerja ke Korea Selatan

Secara umum, apabila diambil gambaran dasar, biaya atau uang yang dikeluarkan untuk program ini sebenarnya tidak terlalu tinggi. Jika dibedakan dengan program lain, bisa dikatakan program lain yang lebih tinggi.

Berikut MinCA berikan tabel rincian berapa biaya G to G Korea Selatan secara lengkap sebagai bahan pertimbangan.

KeteranganKisaran Biaya
Pelatihan bahasa KoreaRp 3.000.000,- sampai Rp 7.000.000,-
Pelatihan Try Out CBT EPS-TOPIKRp 1.000.000,- sampai Rp 2.000.000,-
Pelatihan skill test kompetensiRp 1.000.000,- sampai Rp 2.000.000,-
Ujian EPS-TOPIKRp 350.000,- sampai Rp 5.000.000,-
Paspor imigrasiRp 350.000,- sampai Rp 400.000,-
Medical Check-Up (MCU)Rp 500.000,- sampai Rp 1.000.000,-
Biaya penempatan (dibayarkan di BP2MI terkait tiket pesawat, Visa, asuransi, dan lainnya)Rp 10.000.000,- sampai Rp 13.000.000,-

Sehingga, biaya total paling minimal sebesar Rp 16.200.000,- dan maksimal Rp 30.400.000,-. Setidaknya, biaya tersebut yang harus kalian persiapkan mulai dari sekarang, karena batch atau gelombang G to G Korea Selatan bersifat tahunan.

⚠️ Penting untuk diperhatikan!
Rincian besaran berapa biaya G to G Korea Selatan di atas adalah gambaran umum. Harga sewaktu-waktu bisa berubah sesuai dengan kondisi di lapangan dan masing-masing wilayah.

Yang paling penting untuk diperhatikan tentu adalah kursus belajar bahasa Korea dan ujian sertifikasi EPS-TOPIK. Ini syarat mutlak dan biayanya biasanya mahal.

Kamu bisa mengikuti kelas kursus bahasa Korea online bersertifikat yang ditawarkan oleh OTCA. Kebetulan, untuk bulan ini sedang ada promo yang berjalan.

Di dalam kelas tersebut, kamu bisa belajar bahasa Korea dari 0 alias cocok bagi pemula. Selain itu, kamu bisa konsultasi dengan Tutor Bahasa Korea OTCA, karena berpengalaman studi dan berkarier di Korea Selatan.

Proses pembelajaran bahasa Korea ini yang bisa dikatakan cukup lama dan membuat kita berpikir panjang karena harus belajar lagi. Maka dari itu, jangan sampai salah memilih tempat kursus.

Tawaran khusus dari One Third Consulting and Abroad (OTCA) / PT Sepertiga Bahasa Internasional ini, dengan harga promo, kamu bisa kursus mulai dari Rp 600 ribuan saja per bulan.

Sangat murah dan worth it!

Sementara itu, OTCA memiliki beberapa tips agar kemungkinan kamu diterima dalam program G to G Korea Selatan lebih tinggi dan berhasil. Berikut ini beberapa tips-nya:

  1. Persiapkan jauh-jauh hari, bila perlu dalam jangka waktu 1 tahun sebelumnya
  2. Belajar bahasa Korea sedini mungkin dan jangan pilih yang abal-abal
  3. Menabung dan siapkan biaya mulai dari sekarang
  4. Ketahui proses dari A – Z agar tidak ketinggalan informasi
  5. Perlunya coach / mentor berpengalaman (bisa kamu dapatkan dan konsultasikan di OTCA) agar tidak salah arah.

Baca juga:

Persiapkan Semuanya dan yang Terpenting adalah Sertifikasi EPS-TOPIK!

Mengetahui mengenai apa itu pengertian G to G Korea Selatan di atas, ada begitu banyak hal yang harus disiapkan dari sekarang.

Salah satu yang terpenting adalah sertifikasi EPS-TOPIK. Hal ini penting, karena saat berada di Korea Selatan, kamu akan full berbahasa Korea Selatan.

Sementara itu, One Third Consulting and Abroad (OTCA) / PT Sepertiga Bahasa Internasional sebagai perusahaan bahasa asing terbesar se-Asia Tenggara bisa melatih kemampuanmu berbahasa Korea untuk persiapan EPS-TOPIK. Kamu bahkan bisa private!

Klaim Diskon Belajar Bahasa Korea Hingga Rp 800 Ribu!

Kamu mendapatkan klaim total diskon hingga Rp 800 ribu untuk mengikuti belajar bahasa Korea. Lebih dari 18.000 lulusan (data per 2023) bahagia bergabung dengan OTCA. Amankan seat, terbatas tiap bulannya!

benefit istimewa yang kamu raih saat ikut kursus kelas belajar bahasa Korea online bersertifikat di OTCA:

  1. Sebagai persiapan ujian sertifikasi EPS-TOPIK
  2. 12 kali pertemuan dalam 1 bulan
  3. 🎁 Akses gratis video learning Korea (120+ video belajar)
  4. 🎁 Akses gratis modul PDF
  5. 🎁 Akses gratis rekaman kelas belajar
  6. 🎁 Akses gratis webinar OTCA eksklusif
  7. Bebas konsultasi studi dan karier bersama Tutor berpengalaman (pernah studi dan berkarier di Korea Selatan)
  8. Bisa konsultasi tentang beasiswa, G to G Korea Selatan, ujian EPS-TOPIK, dan banyak lainnya
  9. Jadwal fleksibel secara online

Dipublikasikan pada 2 Agustus 2023 dan telah di-review oleh Kirana Ssaem (Korean Lead Tutor OTCA). OTCA sebagai perusahaan bahasa asing online bersertifikat terbesar di Asia Tenggara dengan 17.800+ lulusan, siap membantumu belajar, studi, dan berkarier ke China, Jepang, Jerman, Korea Selatan, dan Prancis.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top