Berapa Lama Ausbildung? Bisa Sampai 3 Tahun, Kok Bisa?

Kamu tertarik dengan program Ausbildung ke Jerman? Untuk durasi waktu, apakah sudah tahu mengenai berapa lama Ausbildung itu sendiri?

Sebagai salah satu program yang paling banyak diminati oleh milenial muda di Indonesia, program ini terbilang “bukan kaleng-kaleng“.

Program ini dikhususkan untuk belajar, bekerja, dan dibayar. Bahkan, setelah lulus program tersebut, kamu bisa menjadi pekerja profesional di bidangnya di Eropa.

Namun, tentunya dari kalian ada yang masih belum paham terkait Ausbildung. Salah satunya durasi Ausbildung itu sendiri. Sebenarnya, Ausbildung berapa lama sih?

Mengenal Program Ausbildung

Program Ausbildung Jerman

Sebelum membahas lebih detail mengenai durasi atau berapa lama Ausbildung, kamu seharusnya ketahui terlebih dahulu program ini secara fundamental atau garis besarnya.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya dalam pengertian Ausbildung oleh MinCA, Ausbildung adalah program resmi dari pemerintah Jerman.

Program apa? Program untuk sekolah vokasi secara gratis dan kerja magang yang dilaksanakan di Jerman. Sekolah vokasi ini setara dengan jenjang pendidikan D3 di Indonesia.

Komposisi dari program Ausbildung tersebut adalah teori dan praktik dengan skema:

  • 30% sekolah untuk menerima pembelajaran secara teori
  • 70% magang untuk mendapatkan praktik secara langsung di lapangan

Di dalam program ini, setidaknya ada sekitar lebih dari 350 bidang profesi yang bisa di-apply. Namun, biasanya posisi yang terbuka untuk di bidang perhotelan, restoran, rumah sakit, dan pabrik alias manufaktur.

Tentunya, kamu bukan hanya bersaing dengan warga lokal Jerman saja. Melainkan, bersaing pula dengan warga luar negeri atau warga asing lainnya di seluruh dunia.

Untuk mengikuti program ini, setidaknya kamu harus mengikuti beberapa ketentuan atau syarat yang berlaku. Syarat yang harus dipenuhi, seperti:

  • Lulusan minimal SMA / SMK / Sederajat
  • Kemampuan bahasa Jerman minimal level B1 (dibuktikan dengan sertifikasi Goethe)
  • Berusia 18 – 35 tahun
  • Memiliki motivasi dan dedikasi yang tinggi
  • Menyiapkan berkas atau dokumen secara lengkap

Jika kamu belum bisa berbahasa Jerman alias masih 0 banget, kamu setidaknya butuh kursus selama kurang lebih 6 bulan.

⚠️ Jangan takut!
Kamu bisa mengikuti kursus kelas belajar bahasa Jerman online bersertifikat dengan mudah hanya di One Third Consulting and Abroad (OTCA).

Syarat di atas adalah syarat yang mutlak. Apalagi, yang terpenting adalah penguasaan bahasa Jerman itu sendiri.

Hal ini dikarenakan kamu akan berinteraksi atau berkomunikasi secara langsung dengan warga Jerman. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Jerman, bukan bahasa Inggris.

Berapa Lama Ausbildung Berlangsung?

Durasi program Ausbildung

Dikutip dari website resmi Goethe, program Ausbildung akan dilangsungkan antara 2 hingga 3,5 tahun lamanya.

Lamanya program ini bergantung pada masing-masing profesi Ausbildung yang dijalani.

Namun, di dalam kondisi tertentu, masa Ausbildung dapat dipangkas maupun diperpanjang.

Yang menarik dari program ini kamu akan rolling. Rolling maksudnya berpindah-pindah departemen pekerjaan yang masih 1 bidang.

Rolling ini dilakukan dari pekerjaan yang paling mudah, hingga pekerjaan yang mempunyai tanggung jawab besar.

Bukan hanya durasi atau Ausbildung berapa lama, kamu juga perlu ketahui beberapa konsekuensi berikut ini:

  • Mempersiapkan dokumen dengan selengkap mungkin. Syarat dokumen adalah mutlak. Terlebih, kemampuan berbahasa Jerman minimal level tingkatan B1 yang dikeluarkan oleh Goethe.
  • Persiapan dan keuangan finansial yang mantap. Proses Ausbildung memakan biaya yang begitu banyak. Biaya Ausbildung sudah dibahas oleh MinCA sekitar Rp 15 juta hingga Rp 30 juta.
  • Kondisi finansial yang siap, karena bukan sistem reimbursement. Karena kamu yang ingin dan kamu yang prepare, maka kamu harus siap keuangan di awal. Perusahaan tidak menanggung biaya yang kamu keluarkan selama periode awal pendaftaran.

Tips Mengikuti Ausbildung dari OTCA

Tips Ausbildung dari OTCA
  1. Pertama dan yang paling terpenting, kamu harus memutuskan bidang yang diminati. Kamu harus benar-benar memilih yang cocok dan sesuai.
  2. Setelah tahu bidangnya apa, maka langkah selanjutnya analisis. Analisis mengenai bidang tersebut, agar kamu memiliki bekal skill bukan dari 0.
  3. Pelajari bahasa Jerman sebanyak mungkin. Ini akan sangat membantu dalam kesuksesan program Ausbildung maupun karier kamu selanjutnya.
  4. Pastikan Ausbildung pilihanmu terpercaya atau terakreditasi. Ini akan meyakinkan calon pemberi kerja jika keahlian yang kamu miliki tepat sasaran. Kamu bisa konsultasi langsung dengan OTCA.
  5. Mencoba untuk terhubung dengan orang-orang yang tinggal di Jerman. Tanyakan secara langsung dan spesifik secara sopan untuk mengetahui program Ausbildung secara lebih detail.

Program Ausbildung ini dapat kamu persiapkan dengan maksimal bersama dengan OTCA. Karena, hanya di OTCA, kamu bisa konsultasi langsung dengan mentor.

Bahkan, mentor tersebut sebelumnya berpengalaman studi dan berkarier ke Jerman. Sehingga, akan membantu memberikan gambaran dan panduan mengenai Ausbildung ini.

Karena, jika asal-asalan, bisa jadi kesempatanmu untuk bergabung menjadi terbatas atau hilang. Sehingga, butuh mentor berpengalaman di bidangnya terkait program Ausbildung ini sendiri.

Baca juga:

Tertarik Ingin Pergi ke Jerman?

Jika kamu tertarik dengan program di atas, tetapi masih bingung dan terkendala tidak ada konselor berpengalaman, kamu bisa dikatakan sangat tepat jika sudah sampai sini!

Menariknya, One Third Consulting and Abroad (OTCA) / PT Sepertiga Bahasa Internasional bisa membantumu belajar bahasa Jerman dan persiapan Ausbildung, Au Pair, maupun FSJ Jerman dengan mudah. Kamu juga bisa private!

Klaim Diskon Belajar Bahasa Jerman Hingga Rp 800 Ribu!

Kamu berhak klaim total diskon hingga Rp 800 ribu untuk belajar bahasa Jerman. Lebih dari 17.800 lulusan (data per 2023) telah bergabung bersama dengan OTCA. Amankan seat, karena terbatas!

super benefit yang kamu dapat saat belajar bahasa Jerman di OTCA:

  1. Bisa untuk persiapan ujian sertifikasi Goethe
  2. 12 kali pertemuan dalam 1 bulan
  3. 🎁 Akses gratis selamanya video learning Jerman (120+ video belajar)
  4. 🎁 Akses gratis selamanya modul PDF
  5. 🎁 Akses gratis selamanya rekaman kelas belajar
  6. 🎁 Akses gratis selamanya webinar OTCA eksklusif
  7. Bebas konsultasi studi dan karier oleh Tutor berpengalaman (pernah studi dan berkarier di Jerman)
  8. Bisa konsultasi tentang Aupair, Ausbildung, FSJ, dan banyak lainnya
  9. Jadwal fleksibel secara online

Dipublikasikan pada 24 Juli 2023 dan telah di-review oleh Frau Rahma (German Lead Tutor OTCA). OTCA sebagai perusahaan bahasa asing online bersertifikat terbesar di Asia Tenggara dengan 17.800+ lulusan, siap membantumu belajar, studi, dan berkarier ke China, Jepang, Jerman, Korea Selatan, dan Prancis.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top