Beasiswa dari Pemerintah

Beragam Beasiswa ke Jerman yang Bisa Kamu Coba

 Ingin melanjutkan pendidikan tinggimu ke Jerman? Masih bingung karena impian belajarmu di luar negeri terhalang dengan biaya? Jangan khawatir, kamu bisa memanfaatkan beberapa Beasiswa ke Jerman berikut ini :

Beasiswa dari Pemerintah

Beasiswa dari Pemerintah

  • Beasiswa Erasmus Plus (+)

Beasiswa yang didanai oleh European Commission ini ditujukan untuk mensubsidi biaya program pendidikan, pelatihan, pemuda, dan olahraga. Beasiswa satu ini ditawarkan ke 160 negara di luar Uni Eropa untuk menempuh pendidikan di area Uni Eropa (termasuk ke Jerman).

Dengan mengikuti beasiswa ini, kamu akan mendapatkan bantuan dana kuliah, tunjangan dana bulanan, biaya perjalanan dari dan ke Jerman, hingga ke berbagai biaya akomodasi. Untuk besarannya sendiri, tergantung bentuk program yang kamu ambil. Kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke Jerman di jenjang S1 dan S2 bisa memilih beasiswa Erasmus + ini ya.

Baca juga : Manfaat Belajar Bahasa Jerman dan Ikut Kursus Bahasa Jerman Online

  • Beasiswa DAAD

Beasiswa ke Jerman kedua yang bisa kamu manfaatkan adalah beasiswa DAAD atau Deutscher Akademischer Austauschdienst. Merupakan beasiswa khusus ke Jerman yang cukup populer dan banyak diminati oleh para pelajar Indonesia.

Karena merupakan jenis beasiswa penuh (tergantung program). Maka, kamu akan mendapatkan uang bulanan, asuransi kesehatan, bantuan penelitian, hingga biaya perjalanan dari dan ke Jerman. Untuk bentuk programnya sendiri ada 4. Kamu bisa membacanya di artikel yang bertema “Beasiswa DAAD”.

Baca juga : Cara Kerja di Jerman

  • Beasiswa IGSP (Indonesian-German Scholarship Programme)

Beasiswa IGSP sendiri merupakan kerjasama antara Pemerintah Jerman dan Indonesia. Namun, beassinya ini khusus diperuntukkan bagi para dosen tetap di Perguruan Tinggi Indonesia dalam lingkup Ristekdikti dan hanya untuk jenjang pendidikan Doktoral (S3) di Jerman.

Untuk usia maksimal pendaftar beasiswa ini adalah 50 tahun. Skor IBT minimal 80 atau memiliki skor IELTS minimal 6.0. Bagi kamu yang telah lolos seleksi wawancara, maka kamu harus mengikuti pelatihan Bahasa Jerman di Goethe Institut Jakarta selama +- 3 bulan.

Baca juga : Ingin Belajar Bahasa Jerman? Ini Dia Tipsnya dan Bahasa Jerman yang Kerap Digunakan Sehari-Hari

  • Beasiswa LPDP

Beasiswa ke Jerman selanjutnya adalah beasiswa LPDP. Selain menawarkan beasiswa ke Jerman, beasiswa LPDP sendiri juga bisa kamu gunakan di berbagai negara tujuan pendidikan lainnya. LPDP sendiri adalah Beasiswa yang disediakan oleh Pemerintah Indonesia, khusus untuk para pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan S2 dan S3 di dalam ataupun di luar negeri.

Ketika mendapatkan beasiswa ini, kamu akan mendapatkan bantuan dana kuliah dan juga biaya hidup. Untuk program studinya sendiri beragam. Hampir semua studi diprioritaskan dalam beasiswa ini. Jadi, peluang beasiswanya sendiri akan semakin terbuka lebar. Meski begitu, peminat beasiswa LPDP ini sangatlah banyak. Jadi, kamu harus mempersiapkan dirimu mulai dari sekarang jika kamu ingin mendaftar ke beasiswa Pemerintah Indonesia satu ini.

Baca juga : Sinar-X Teknologi Asli Jerman Yang Tidak Sengaja Ditemukan

Beasiswa Universitas dan Beasiswa Non-Pemerintah

Beasiswa Universitas dan Beasiswa Non-Pemerintah

  • Friedrich Ebert Stiftung (FES)

Merupakan beasiswa yang diberikan pada mahasiswa yang sudah berada di Jerman. FES merupakan organisasi yang berkaitan erat dengan Partai Sosial Demokrat Jerman SPD. Salah satu syarat utama mendaftar beasiswa ini adalah kamu harus memiliki kemampuan Berbahasa Jerman yang baik.

  • Friedrich Naumann Stiftung (FNS)

Berkaitan dengan Partai Liberal FDP. Ditujukan khusus bagi para mahasiswa internasional yang terdaftar dalam program S2 di Jerman.

Baca juga : 5 Universitas di Jerman yang Gratis

  • Heinrich Böll Stiftung

Didanai oleh Heinrich Boll Foundation. Gelombang pendaftarannya di Bulan Maret dan September.

  • Beasiswa ke Jerman Lainnya

  • Konrad Adenauer Stiftung (KAS)
  • Master International Media Studies DW Akademie, 
  • KAAD Scholarship
  • FRIAS Cofund Fellowship Programme 
  • Deutschland Stipendium
  • Heinrich Boll Scholarship
  • Kurt Hansen Science Scholarship
  • Dan lain sebagainya,

Baca juga : FSJ Program Sukarelawan di Jerman Yang Dibayar

 

 

 

Yuk Persiapkan Bahasa Jermanmu Bersama OTCA Biaya Mulai Dari 99K/Bulan

Loading...

Konsultasi Program Studi/Karir di Jerman Klik Link Dibawah

Loading...

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.