Ausbildung Program Magang Profesi di Jerman

OTCA.CO.ID – Untuk kamu yang memiliki rencana untuk bisa kuliah sambil kerja di Jerman, program Ausbildung adalah langkah yang tepat untuk meniti karir di Jerman.

Nah, mari kita bahas apa itu ausbildung , syaratnya apa saja, kriterianya apa, hingga keuntunggannya apasih ikut program Ausbildung. Yuk kita mulai ..

Apa Itu Ausbildung ?

Ausbildung adalah program pendidikan dan pelatihan vokasi di Jerman yang kualitas lulusannya diakui di seluruh dunia. Bisa dikatakan juga bahwa Ausbildung adalah program pelatihan keterampilan sekolah sambil bekerja. Lamanya kamu menempuh program ini, tergantung dari bidang apa yang kamu tekuni, namun rata-rata Ausbildung ditempuh selama 3 tahun. Dikarenakan kamu akan menempuh pendidikan, maka nantinya setelah lulus program kamu akan mendapatkan sertifikat dan juga gelar yang biasanya disebut dengan FACHKRAFT atau tenaga ahli.

Sehingga apabila disejajarkan, Program ini ini setara dengan D3 di Indonesia hanya bedanya gelar dan pengalaman orang yang; mengikuti program ini diakui di seluruh negara. Dalam menempuh pendidikan Ausbildung kamu akan sekolah di Berufschule atau sekolah profesi. Biasanya kebanyakan perusahaan di Jerman yang membuka program ini, telah bekerja sama pula dengan Berufschule yang jaraknya masih terbilang berdekatan. Namun, adapula yang mengharuskan kamu mencari Berufschule secara mandiri. Hal ini kembali lagi dengan aturan perusahaan masing-masing.

Apakah perlu biaya untuk mendaftar?

Tidak sama sekali, sebaliknya kamu akan dibayar nantinya oleh perusahaan tempat kamu bekerja karena di Jerman bekerja atau praktek itu dibayar bahkan hitungannya bisa per jam. Hal tersebut dikarenakan orang Jerman sangat menghargai tenaga dan waktu para pekerjanya. Akan tetapi bayaran yang kamu peroleh, masih terhitung gaji orang magang dengan kisarannya sekitar 600-1200€. Hal ini tergantung bidang, wilayah dan tempat kamu bekerja. Setelah dinyatakan lulus dan mendapatkan gelar barulah kamu akan diakui sebagai tenaga profesional dan dibayar hingga 2 kali lipat dari gaji kamu ketika sedang menjadi Azubi (sebutan untuk orang yang sedang mengikuti program Ausbildung) .

—–

Baca Juga : Studienkolleg , langkah awal memulai studi di Jerman 

—–

Apa saja jurusan dan program Ausbildung yang bisa dipilih ?

1. Ausbildung Teknisi

Untuk bidang otomotif ini prospek kerjanya di Indonesia juga berkaitan dengan mesin, elektronik dan juga terkait perusahaan pertambangan. Bahkan kamu juga bisa menjadi tenaga pengajar bagi siswa SMK dan juga dosen Universitas. Di Indonesia sendiri, banyak perusahaan otomotif yang memang mengambil tenaga ahlinya dari luar negeri lohh..

Maka dari itu, keuntungan untuk kamu yang mengambil program ini adalah bisa dengan menjadi tenaga ahli bersertifikat luar negeri.

2.  Ausbildung Perawat

Dalam bidang kesehatan, Jerman menjadi fokus yang tinggi pada kesehatan. hal ini juga bisa kamu jadikan tujuan selama mengambil program ini. Karena angka harapan hidup yang tinggi dan juga kesejahteraan kesehatan yang baik.

Maka ausbildung adalah pilihan yang tepat untuk kalian memperdalam ilmu keperawatan. Karena kalian bisa praktek langsung di rumah sakit Jerman yang tarafnya baik dan bagus.

3. Ausbildung Perhotelan

Dengan bidang industri perhotelan ini sangat berkembang baik di Jerman maupun Indonesia sendiri. Karena di Jerman sendiri, service dan juga fasilitas yang diberikan sangat baik.

Baik untuk kelas bintang 3 sampai bintang lima pun tarafnya sudah sangat memuaskan dan juga profesional. Maka dari itu Indonesia harus berkaca dengan service yang diberikan hotel-hotel di Jerman.

Indonesia sebagai negara dengan industri pariwisatanya yang juga diandalkan seharusnya bisa menjadi prospek kamu kedepannya. Karena bisa juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat tentunya.

4. Ausbildung Restoran

Pada bidang restoran, kamu bisa belajar untuk mempersiapkan restoran bertaraf profesional. Nah dengan begitu, kamu bisa belajar dari banyak ahli terkemuka restoran dunia yang ada di Jerman.

Nah untuk bisa mengambil program ini pada bidang tersebut, kamu harus bisa memenuhi beberapa kriteria yang harus dipenuhi. Beberapa diantaranya untuk program ausbildung adalah sebagai berikut.

—–

Baca Juga : Aupair, Program Pertukaran Budaya di Jerman 

—–

Apa saja syarat mengikuti program Ausbildung ?

1.Lulusan SMA dengan nilai rata- rata 6 / 8 (untuk bidang teknik) atau lulusan D3/D4/S1
2.Usia 19 – 27 tahun diutamakan, > 27 tahun (memiliki pengalaman bekerja di bidang Ausbildung yang diminati min. 1 tahun)
3.Kemampuan bahasa Jerman yang fasih dari minimal B1 hingga C1
4. Mempunyai Pengalaman Kerja Dibidang Sosial (jika ada)

Apa saja dokumen yang perlu dipenuhi?

1. Mempunyai Pengalaman Kerja Dibidang Sosial (jika ada)
2. Daftar riwayat hidup (Lebenslauf)
3. Surat motivasi (Motivationsletter)
4. Paspor
5. Dokumen dari perusahaan apabila sudah diterima berupa kontrak dan formulir

Keuntungan mengikuti program Ausbildung ?

1. Meningkatkan kualitas SDM
2. Menambah kemampuan bahasa asing & mendapat pendidikan vokasi terbaik dunia dengan banyak pilihan bidang Ausbildung
3.Mendapat gaji sebesar 800 – 1100 EUR per bulan (brutto)
4. Mendapat asuransi (full cover)
5. Memiliki hak cuti 24 hari kerja dalam setahun
6. Memiliki kesempatan berkarir dan studi lanjutan di Jerman
Lulusan mendapat sertifikat yang diakui di seluruh dunia khususnya di negara Uni Eropa

Yuk Persiapkan Kemampuan Bahasa Jerman kamu di OTCA.

Nikmati Serunya Belajar Bahasa Jerman dengan Mentor Terbaik dan Berpengalaman serta Suasana Kelas yang FUN dan Interaktif disini.

Konsultasi Via Whatsapp

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.