7 Roti Khas Perancis Yang Paling Digemari

Roti memang menjadi salah satu makanan pokok bagi masyarakat Eropa yang wajib ada, khususnya Perancis. Jenis roti khas Perancis yang paling populer adalah baguette. Namun ternyata, selain baguette kamu juga bisa menemukan banyak jenis roti lainnya yang memiliki rasa serta keunikannya masing-masing. Nah, jika kamu akan berlibur ke Perancis, jangan lewatkan untuk mencicipi 7 roti khas perancis yang paling digemari berikut ini.

1. Baguette

Jenis roti khas Perancis yang paling digemari yang pertama adalah Baguette. Bisa dibilang roti jenis ini adalah yang paling populer karena telah ada sejak dulu dan digemari oleh banyak orang.

Baguette ini memiliki karakteristik yang ringan dan panjang dengan permukaan kulit yang keras juga renyah. Roti ini telah ada sejak abad ke-19 dimana roti putih dan gandum tak lagi menjadi makanan orang kaya. Baguette ini bisa kamu temukan di toko roti seluruh Perancis dengan harga yang cukup terjangkau. Roti ini biasa digunakan untuk sandwich atau menjadi menu gourmet.

2. Gibassier

Gibassier merupakan salah satu jenis roti khas Perancis yang tak kalah populer dari baguette. Gibassier ini sebenarnya tidak sepenuhnya diakui sebagai roti karena ada sebagian orang yang menyebutnya sebagai pastry.

Terlepas dari itu, gibassier ini merupakan roti dengan cita rasa jeruk yang biasanya disajikan saat Natal. Jeruk biasanya ditambahkan dalam tepung dan kulit jeruk juga ditambahkan ke bagian atas gibassier ini. Gibassier ini lebih sering dinikmati sebagai menu sarapan karena cita rasanya yang manis. Hal ini karena rasa jeruk pada gibassier ini cukup kuat dan memberi rasa pada roti yang sangat terasa.

3. Pain a l’ail

Jenis roti khas Perancis yang sayang sekali untuk dilewatkan adalah Pain a l’ail. Pain a l’ail ini merupakan garlic bread khas Perancis yang juga sangat populer disana.

Sesuai dengan namanya, roti ini dibuat dari garlic atau bawang putih, namun sebagaia tambahan biasanya roti ini diberi mint. Bawang putih memberikan cita rasa yang luar biasa sehingga sangat cocok jika dinikmati dengan pasta khas Italia.

==========
Baca Juga Croissant Roti Icon Perancis 
=========

4. Brioche

Jika diperhatikan sekilas, Brioche ini memang memiliki tampilan seperti roti tawar. Brioche merupakan roti manis dengan tekstur yang lembut dan ringan sehingga cocok untuk dinikmati sebagai menu sarapan maupun makan siang.

Memiliki cita rasa yang manis membuat brioche ini menjadi bahan yang tepat untuk membuat french toast. Brioche sendiri dibuat dengan menggunakan banyak mentega dan telur sehingga membuatnya sangat cocok digunakan untuk membuat french toast. Proses membuat brioche ini memang tidak mudah karena dibutuhkan kesabaran. Pasalnya, adonan roti ini harus didiamkan semalaman sehingga menghasilkan roti dengan tekstur yang crunchy di bagian luar dan fluffy di bagian dalam.

5. Fougasse

Fougasse merupakan salah satu jenis roti khas Perancis yang berasal dari Provence. Roti ini memiliki keunikan yaitu tampilannya yang berlubang dan memakai minyak zaitun, tomat sundried, ikan teri dan ragam rempah sehingga cita rasanya gurih.

Fougasse ini memiliki bentuk yang mirip dengan daun, meskipun ada yang menyebutnya mirip dengan gandum. Uniknya, jika kamu ingin menikmati fougasse ini dengan cita rasa otentik, maka kamu harus memanggang roti ini di oven dengan kayu tradisional. Hal ini karena roti ini awalnya dipanggang pada zaman Romawi dan digunakan untuk menguji suhu oven. Sekarang, fougasse ini memiliki banyak variasi, mulai dari keju, zaitun dan buah ara.

6. Pain de Mie

Jenis roti khas Perancis yang tak boleh untuk dilewatkan selanjutnya adalah Pain de Mie. Secara harfiah, pain de mie ini memiliki arti roti tanpa crust. Hal ini mengacu pada lapisan tipis yang keras dan bagian dalam putih yang tebal.

Pain de mie ini bisa kamu temukan dengan mudah di banyak supermarket dan toko roti di Perancis. Biasanya orang Perancis memilih roti ini untuk dipanggang, selain itu roti ini juga sangat nikmat jika dibuat sandwich croque-monsieur klasik Perancis.

7. Pain aux Noix

Dan di nomor 7 daftar roti khas Perancis yang paling digemari ada Pain aux Noix. ini juga menjadi salah satu jenis roti khas Perancis yang cukup menarik untuk kamu coba. Jenis roti ini dibuat secara tradisional dengan menggunakan tepung gandum atau tepung terigu dan kacang cincang kasar yang diuleni dalam adonan.

Beberapa jenis lainnya dari roti ini bahkan mengandung kacang yang biasanya dibuat dari hazelnut yang dicincang kasar. Roti ini memiliki bentuk bulat atau polos yang ciri khasnya adalah kulitnya yang berwarna cokelat tua dan bagian dalamnya berwarna cokelat muda bertaburkan biji kenari. Pain aus Noix ini memiliki aroma yang kaya sehingga cocok jika diberi olesan gurih, keju, mentega, charcuterie atau topping manis seperti madu dan selai buah.

Yuk Persiapkan Bahasa Perancismu Bersama OTCA Biaya Mulai Dari 99K/Bulan

Loading...

Konsultasi Program Studi/Karir di Perancis Klik Link Dibawah

Loading...

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.