5 Rekomendasi Makanan Korea Halal Yang Wajib di Coba

Bagi seorang muslim, memakan makanan yang halal adalah wajib hukumnya. Apalagi saat berpergian ke luar negeri, makanan halal terkadang menjadi masalah utama. Di luar negeri seperti di Korea Selatan yang muslim di sana hanya minoritas, makanan halal menjadi makanan yang cukup langka keberadaannya.

Beberapa muslim Indonesia yang pergi ke Korea Selatan bahkan membawa persediaan makanannya sendiri untuk di konsumsi di sana. Agak repot memang, tapi menurut mereka, hal tersebut merupakan jalan keluar satu – satunya berkaitan dengan makanan halal ini.

Masalah lain yang menjadikan langkanya makanan halal ini adalah kita tidak punya informasi yang cukup mengenai makanan halal di Korea ini. jikapun ada terkadang kebanyakan informasinya ditulis dalam bahasa Korean. Dan ini menjadi kesulitan tersendiri. Bagi anda yang hendak berkunjung ke Korea Selatan atau hanya ingin tau saja mengenai makanan – makanan apa saja yang termasuk halal di Korea Selatan, berikut ini daftarnya:

1. Tteokbokki

Makanan korea yang halal pertama adalah Tteokbokki. Kuliner ini merupakan makanan khas rakyat korea yang berbahan dasar dari tepung beras dan dibentuk silinder. Tteokbokki memiliki perjalanan yang cukup panjang, Tteokbokki sudah menjadi makanan khas istana kerajaan pada masa Dinasti Joseon dengan nama gungjung tteokbokki.

Hidangan ini sangat cocok untuk dijadikan cemilan, apalagi jika sedang musim panas atau musim dingin. Dan yang terpenting, tteokbokki termasuk makanan yang halal. 

2. Jjampong

Hidangan kedua yang merupakan makanan halal dari korea yaitu Jjampong. Jjampong ini berisi mie yang dicampur dengan olahan seafood seperti cumi dan udang. Jjampong memiliki rasa kuah yang pedas dan kaya akan rempah. Dan rasa keseluruhan dari si mie kuah pedas seafood ini sangat menggugah selera.

Bahan dasar dalam membuat hidangan ini juga merupakan seafood yang dimana sudah dipastikan halal. Oleh karena itu, Jjampong masuk kedalam rekomendasi makanan korea yang halal karena tidak ada bahan seperti daging babi yang biasa digunakan pada makanan Korea lainnya.

3. Bibimbap

Makanan korea yang halal selanjutnya yakni Bibimbap. Hidangan Ini berupa nasi putih dengan lauk sayur serta daging dan telur. Selain itu ada juga saus pedas gochujang yang menambah cita rasa dalam makanan ini. 

Karena hidangan ini memiliki bahan dari daging, kamu harus berhati-hati dalam memilih restoran untuk membeli Bibimbap. Pastika restoran tersebut memiliki label halal. Namun kamu tidak perlu khawatir, kebanyakan daging yang digunakan pada hidangan ini merupakan daging sapi.

4. Maeuntang

Hidangan selanjutnya ini juga merupakan makanan halal dan wajib dicoba. Maeuntang ini juga salah satu makanan tradisional Korea Selatan yang wajib dicoba. Makanan maeuntang ini yang berbahan dasar ikan yang direbus dengan bumbu sedemikian rupa dan memiliki rasa yang pedas. Makanan ini sangat cocok di musim dingin karena disajikan di hotplate yang dapat terus menghangatkan makanan meski sedang di konsumsi.

Karena bahan dasarnya yang menggunakan ikan, sudah pasti sup ini aman dan halal untuk dikonsumsi bagi seorang muslim. Karena segala sesuatu makanan yang berasal dari laut atau air halal untuk dikonsumsi.

5. Kimchi

Rekomendasi makanan halal khas korea yang terakhir yaitu Kimchi. Hidangan ini merupakan makanan yang memiliki bahan dasar sayuran yang difermentasi dengan beraneka ragam bumbu rempah yang dipadukan dengan rasa pedas dan asam. Sayuran yang biasanya digunakan untuk membuat makanan kimchi ini adalah sawi, lobak, atau juga mentimun.

Soal halal atau tidaknya makanan ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Kimchi yang memiliki bahan dasar sayuran sudah pasti halal dan jauh dari kandungan haram. 

Nah itulah rekomendasi makanan korea yang halal dan aman di konsumsi dari Ihatec. Tidak diragukan lagi memang, makanan yang berasal dari korea memiliki cita rasa yang enak dan menggugah selera. Namun meski demikian, kita harus senantiasa memperhatikan halal atau haramnya makanan tersebut. Jangan sampai dengan alasan penasaran mencoba makanan korea, kita menghiraukan halal haramnya makanan tersebut. Nah dengan beberapa makanan yang direkomendasikan di atas, kamu tidak perlu pusing mencari makanan korea yang halal. Namun jika kamu tak puas dengan beberapa rekomendasi diatas, kamu bisa mencari makanan korea lainnya. Dan untuk masalah halal atau tidaknya, klik link artikel di bawah ini untuk mengetahui cara memastikan makanan dan minuman yang halal

Dengan mengetahui cara-cara memastikan makanan yang halal, dapat berguna sebagai bentuk antisipasi terhadap makanan yang tidak halal dan terbebas dari unru haram. Dan kamu bisa dengan nyaman wisata kuliner hidangan korea tanpa harus khawatir akan kehalalan makanan tersebut. 

Yuk Persiapkan Bahasa Koreamu Bersama OTCA Biaya Mulai Dari 99K/Bulan

Loading...

Konsultasi Program Studi/Karir di Korea Klik Link Dibawah

Loading...

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.