Tips n Trick Belajar Mudah Bahasa Korea

Otca.co.id – Siapa yang tidak tahu Korea Selatan? Negara dengan banyak artis K-Pop dan Drama Korea ini sukses menghipnotis kaum muda di seluruh dunia, karena itulah banyak orang yang ingin belajar bahasa Korea.

Tetapi belajar Hanguego atau bahasa Korea tidaklah mudah. Banyak yang putus asa ditengah jalan. Eiitss.. Tapi jangan menyerah !

Disini kamu akan mendapatkan tips jago Hanguego dengan mudah ! Lets goo…

1. Pelajari Hangeul dengan Caramu Sendiri

Hangeul adalah huruf abjad bahasa Korea. Dengan menguasai hangeul terlebih dahulu kamu akan dapat lebih mudah mempelajari bagaimana cara mengerti kosa kata bahasa tersebut.

Kamu bisa mulai belajar Hangeul dengan menulis per karakter di sticky notes warna-warni lalu menempelkannya di tempat yang kira-kira bisa kamu pandangi setiap hari, misalnya di cermin atau di meja. Gunanya bisa untuk me-review atau mempermudah mengerti hangeul.

2. Pelajari Cara Mengembangkan Kosakata

Setelah kamu mempelajari dan menguasai huruf atau hangeul, kamu dapat memulai membentuknya menjadi sebuah kosakata. Bisa mulai dari kosakata dasar untuk kehidupan sehari-hari misalnya nama-nama hari, angka, frase percakapan sederhana.

Bisa juga untuk lebih spesifik, jika kamu ingin mengunjungi Korea dalam waktu dekat, sebaiknya lebih fokus dalam kosakata yang berhubungan dengan arah ataupun transportasi.

3. Belajar dengan Kata Pinjaman (Konglish)

Cara ketiga yang dapat kamu lakukan adalah mempelajari berbagai kata pinjaman atau yang sering disebut dengan konglish. Dalam kosakata bahasa Korea terdapat banyak kata pinjaman yaitu sebuah kata yang memiliki suara dan juga arti yang sama dengan bahasa Inggris hanya saja pengucapannya dengan gaya bahasa Korea.

ini contoh konglish yang bisa kamu pelajari : (ka-meh-ra) = camera,  (tek-shi) = taxi, (in-tuh-net) = internet, (soo-moo-thee) = smoothie,  (me-nyu) = menu

4. Perbanyak nonton Film dan Drama Korea

Menonton film atau drama Korea bisa membantu kamu memahami bahasa Korea sedikit demi sedikit. Pelajari mengenai pelafalan, aksen, dan kalau perlu dialek dari penutur pada dialog film tersebut.

Dengan sering mendengarkan maupun menonton, secara tidak sadar kamu jadi lebih familiar dengan bahasa yang diucapkan dan kosakata yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

5. Biasakan Diri Dengan Bahasa Korea

Agar lebih terbiasa dengan bahasa Korea, mulailah untuk membiasakan diri dengan melakukan hal sederhana di kehidupan sehari-hari misalnya menuliskan status Twitter, WhatsApp, atau Instagram dengan bahasa Korea. Seiring waktu, kamu akan terbiasa dan lancar berbahasa Korea.

6. Cari partner belajar

Kemungkinan untuk belajar bahasa asing akan sangat terasa membosankan jika tidak ada teman yang bisa diajak untuk memulai bersama. Padahal mempunyai partner belajar bisa meningkatkan skill bahasa asing yang kamu pelajari.

Kamu bisa menemukan partner online dari media sosial seperti facebook, instagram dan forum lainnnya. Atau dengan mengikuti webinar bahasa korea gratis yang banyak dibuat oleh kursus bahasa di Indonesia.

7. Masuk ke Grup Kelas Bahasa Korea

Akan ada saatnya kamu merasa kehilangan motivasi untuk belajar sementara waktu. Jangan dibiarkan! Temukan cara lainnya untuk menjaga rutinitas belajarmu tetap menyenangkan, seperti mengikuti kelas bahasa Korea bersama orang-orang yang mempunyai niat  yang sama.

Grup kelas bahasa Korea lebih dinamis daripada belajar sendiri di rumah, karena adanya feedback secara langsung dari instruktur dan bisa berinteraksi dengan siswa lainnya. Nilai plusnya, kamu bisa melatih speaking skill sambil belajar tentang topik-topik penting seperti tata bahasa dan pelafalan.

8. Jangan Takut Salah

Tidak percaya diri karena belajar secara otodidak? Hindari pemikiran seperti itu! Tips ini cukup penting karena tak sedikit orang yang keburu malas akibat takut salah saat mempraktikannya di muka umum.

9. Gunakan Bantuan aplikasi

Di tengah perkembangan tekonologi digital, kamu bisa belajar bahasa asing melalui sebuah aplikasi. Cukup bermodalkan ponsel dan internet, maka peluang menguasai bahasa Korea secara otodidak bisa tercapai. Ini merupakan salah satu cara belajar bahasa Korea yang ekonomis.

10. Set goals belajar bahasa Korea

Jika kamu belajar tanpa mempunyai tujuan tertentu, besar kemungkinan kamu akan kewalahan dengan semua pelajaran yang diterima dan akan mudah bosan saat belajar.

Mantapkan goals belajarmu untuk membuat strategi belajar yang mencakup poin-poin apa saja yang harus dipelajari. Ini bertujuan agar kamu tetap termotivasi untuk belajar dan bisa mencapai goals dengan baik.

—-

Nah, dari sekian banyak tips di atas, manakah yang akan lebih dulu kamu coba? Jika sudah mencoba dan berhasil menerapkannya, jangan lupa untuk memberi tahu kami ya..

Untuk membantu mencapai smart goals yang kamu inginkan dalam belajar bahasa Korea, OTCA siap membantu. Kami menyediakan kelas online Bahasa Korea dengan mentor yang berpengalaman dan metode yang interaktif , sangat seru dan mudah. Yuk gabung bersama OTCA.

Yuk Persiapkan Kemampuan Bahasa Korea kamu di OTCA.

Nikmati Serunya Belajar Bahasa Korea dengan Mentor Terbaik dan Berpengalaman serta Suasana Kelas yang FUN dan Interaktif disini.

Konsultasi Via Whatsapp

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *