5 Program Exchange Keluar Negeri

OTCA.CO.ID –  Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk merasakan suasana belajar dan liburan keluar negeri adalah melalui student exchange . Program ini dapat diikuri oleh pelajar ataupun mahasiswa semester awal.

Mungkin banyak yang mengatakan jika mengikuti program ini akan menganggu pembelajaran yang sedang dijalani. Namun, siapa sangka bahwa dengan mengikuti program student exchange kamu justru akan lebih bisa explore diri kamu lebih luas.

Selain itu, untuk para pelajar yang telah melakukan student exchange. Bukan tidak mungkin bisa membuka jalan untuk pelajar tersebut melanjutkan studi kuliahnya di Negara itu.

Nah, jika kamu punya kesempatan untuk exchange keluar negeri , coba ambil saja. Banyak loh keuntungan yang akan kamu dapatkan. sebelumnya mari kita simak daftar program exchange yang bisa diambil pelajar atau mahasiswa berikut ini :

1. Internasional Student Festival in Thondeim (ISFIT) – Exchange Norwegia

Program ini adalah sebuah festival pelajar internasional yang terbesar di dunia. Setidaknya ada 400 pelajar dari seluruh dunia mengikuti program ini yang diselenggarakan setiap 2 tahun sekali. Program  ini bukan untuk bisa mengikuti kegiatan sekolah atau kuliah di Norwegia. Tetapi ada 18 seminar yang ditawarkan dan akan sangat sayang untuk dilewatkan.

Topik yang dibahas disini meliputi topik internasional seperti, politik, sosial, dan berbagai hal lainnya. Pada setiap penyelenggaraan program ini di Trondhein , Norwegia. Selalu ditampilkan berbagai budaya khas yang tentunya akan menjadi pengetahuan baru bagi pelajar exchange.


Nah, jika kamu tertarik untuk mengikuti program ISFIT ini damu bisa melihat info lebih lengkapnya disini. Yuk !

2. Encompas Trust – Inggris

Siapasih yang tidak kenal negara Inggris ?.  salah satu negara favorit pelajar Indonesia untuk melanjutkan studinya keluar negeri. Nah, Program exchange ini akan menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin mencoba merasakan rasanya tinggal dan belajar di Inggris. Pertama kali program inni dimulai pada tahun 2003 dan telah banyak berhasil untuk mempertemukan berbagai latar belakang bidaya, agama, dan masyarakat dari berbagai mahasiswa yang mengikuti program ini.

Negara yang menjadi bagian dari program ini adalah : Palestina, Indonesia, Israel, Inggris dan Amerika. Program ini aakan diselenggarakan di kawasan London , Inggris serta juga Wales atau Skotlandia. Kegiatan yang akan diikuti oleh para pelajar disini meliputi presentasi budaya, diskusi kelompok, dan berbagai aktifitas lain yang sangat menyenangkan.

Program ini akan berlangsug selama 10 hari. nah, kamu tertarik mengikuti program exchane ini? dapatkan infonya disini ya

3. Youth for Understanding (YFU) – Exchange Jerman

Program Youth for Understanding (YFU) di Jerman adalah sebuah organisasi nirlaba skala internasional. YFU adalah sebuah organisasi program exchange terbesar dan tertua di dunia. program in pertama kali dibuka pada tahun 1951 dengan program pendidikan di 50 negara di dunia. program exchange ini berfokus pada budaya, dimana telah diyakini bahwa budaya merupakan hal paling penting kaitannya dengan peningkatan ketrampilan mahasiswa di lingkup internasional.

Untuk program YFU di Indonesia, pelajar dan mahasiswa Indonesia akan bisa melakukan pertukaran pelajar di negara-negara antara lain : Jepang, China, Korea, Australia, Turki, Serbia, Amerika, Mexico, Jerman, Belanda, Switzerland, Perancis, Austria, Belgia, Estonia, dan Lithuania. Dengan semakin banyaknya pilihan dari negara untuk pertukaran pelajar, semakin menarik pula program ini untuk kamu ambil.

Tertatik untuk mengikuti program student exchange ke negara maju ini. Kalau kamu  ingin join program exchange ini dapatkan informasi selengkapnya disini ya

4. Indonesia – Korea Youth Exchange Program (IKYEP) – Korea Selatan

Program yang resmi diselenggarakan pada tahun 2009 ini menjadi program exchange yang sangat pas buat kamu jika kamu suka sekali dengan K-POP. Pastinya pelajar dan mahasiswa semester awal di Indonesia banyak yang menggandrungi lagu dan drama seri korean bukan ? Program IKYEP ini biasanya berlangsung selama 20 hari yaitu 10 hari di Indonesia dan 10 hari di Korea Selatan yang biasanya berlangsung pada bulan November.

Kegiatan dalam program ini meliputi kunjungan kehormatan ke pusat-pusat kegiatan pemuda, pengenalan budaya, merasakan tinggal dengan keluarga, dan banyak lagi yang lain. Mau banget bisa join program ini? Silakan cari informasi yang lebih lengkap disini

5. Ship for Southeast Asian Youth Programme (SSEAYP) – ASEAN

Program ke-5 yang bisa kamu ikuti adalah Ship for Southeast Asian Youth Programme (SSEAYP) yang diselenggarakan di ASEAN. Tujuan utama dari program ini adalah untuk mempererat hubungan persaudaraan dan juga toleransi antara pelajar dan mahasiswa di 10 negara ASEAN serta Jepang.

Perluasan sudut pandang dari para peserta program ini juga dijadikan sebagai satu tujuan dalam kaitannya untuk memperkuat semangat dan hubungan kerjasama internasional antar negara. Seperti nama dari program ini, kapal merupakan media atau alat transportasi yang disediakan untuk program ini.

Jadi selama didalam kapal bisa dimanfaatkan untuk berbagi cerita dan juga saling mengenal satu sama lain. Berbagai diskusi tentu bisa dilakukan dengan para peserta dari negara lain baik ketika berada didalam kapal maupun ketika di negara-negara yang dikunjungi. Biar kamu bisa ikutan program yang ini, kamu wajib cari informasi yang lebih lengkap disini!

Nah itu tadi 5 program pertukaran pelajar internasional atau Exchange Program yang bisa kamu ambil sebagai pelajar maupun mahasiswa dari Indonesia. Tentunya bisa menjadi referensi kamu untuk menentukan mau mengikuti program Exchange apa untuk melanjutkan kuliah di luar negeri. Kamu bisa melanjutkan kuliahmu di negara mana saja yang kamu inginkan. Tapi ingat, salah satu yang paling penting kalau kamu mau melanjutkan studi ke luar negeri adalah tes kemahiran bahasa.

Tidak hanya bahasa Inggris, bahasa lain seperti bahasa Jerman, Korea, dll juga perlu menjadi modal kamu sebelum berangkat kulaih di luar negeri nih.

Tenang, tak usah galau ataupun resah ya ..

Kamu bisa belajar bersama mentor berpengalaman secara interaktif di kelas online OTCA. Ada juga kelas Privat dimana kamu bisa menentukan jadwal dan request materimu sendiri loh.  Jadi lebih fleksibel deh..

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *