Pesona Masjid Agung di Prancis

Otca.co.id – Islam adalah agama kedua terbesar di Prancis. Ini yang membuat terdapat sejumlah masjid yang tersebar di seluruh penjuru Prancis. Menurut Dalil Boubakeur, Presiden Dewan Kepercayaan Muslim Prancis (CFCM), Prancis memiliki lebih dari 2.300 masjid.

Inilah pesona 5 Masjid Agung di Prancis yang bisa kamu kunjungi : 

1. Masjid Agung Paris atau Grande Mosquée de Paris


Masjid Raya Paris merupakan masjid tertua di Prancis Metropolitan (France Métropolitaine). Prancis Metropolitan yang saya maksud adalah wilayah Prancis yang berada di daratan Eropa termasuk Corsica. Didirikan pada tahun 1926 sebagai tanda terima kasih kepada tentara Muslim setelah Perang Dunia I, masjid ini lebih dikenal dengan nama The Paris Mosque atau The Great Mosque of Paris. Terletak di Paris, Masjid Agung Paris adalah salah satu tempat ibadah Muslim terbesar di negara ini. Masjid ini mengikuti gaya mudéjar dan memiliki menara setinggi 33 meter.

2. Masjid Agung Lyon atau Grande mosquée de Lyon

Masjid Agung Lyon adalah masjid terbesar keenam di Prancis yang diresmikan pada September 1994. Secara historis, Raja Fahd dari Arab Saudi dan negara Muslim lainnya mendanai masjid tersebut. Selain itu, masjid tersebut memiliki asosiasi sertifikasi halal yang disebut ARGML, asosiasi sertifikasi halal paling andal di negara tersebut.

Saat ini, Masjid Agung Lyon telah berdiri tegak dan menjadi pusat syiar Muslim di Lyon. Masjid ini berada di 146 Boulevard Pinel, Lyon. Selain menjadi tempat ibadah shalat lima waktu, Idul Adha, Idul Fitri, masjid ini juga menjadi tempat pendidikan bagi anak maupun mualaf. Tersedia pula fasilitas seperti perpustakaan serta pusat informasi Muslim di Lyon. Meski bukan masjid terbesar di Prancis, masjid ini sangat diperhitungkan keberadaannya.

3. Masjid Agung Évry atau Grande Mosquée d’Évry

Masjid agung lyon

Masjid Agung Évry dibangun pada 1980-an yang memiliki pusat budaya terkait dengan bangunannya. Untuk lokasinya, terletak di `Evry, Paris. Masjid ini dibuka sepuluh tahun setelah pembangunannya pada 1995. Masjid ini adalah karya arsitek Henri Baudot, yang pernah membangu beberapa bangunan di Aljazair dan Tunisia.

4. Masjid Agung Al Fath

Terletak di Hem, masjid ini dibangun pada tahun 1984. Enam anggota dewan mengatur masjid Al Fath, termasuk enam anggota yang bekerja untuk mencerminkan wajah Islam yang sebenarnya.

5. Mosquée Agung Sounna de Besanço

Dibangun pada akhir tahun 1990-an. Masjid Sunnah, yang dikenal sebagai “Masjid Aljazair”, dibangun di atas tanah yang diserahkan oleh kota Besançon hal ini dibuktikan dengan sebuah plakat yang menempel pada bangunan tersebut. Masjid ini juga bernama Masjid Sunnah. Masjid yang terletak di kawasan Saint-Claude ini memiliki menara masjid.

Itulah tadi beberapa pesona masjid Agung di Prancis , semoga kita bisa melihat dan beribadah langsung di masjid tersebut. Ingin ke Prancis ? yuk persiapkan kemampuan bahas kamu bareng OTCA.

OTCA memberikan layanan kursus belajar bahasa Prancis online yang dimentori oleh guru berpengalaman dan bersertifikasi senta didukung dengan metode belajar yang interaktif akan membuat pengalaman belajar kamu jadi makin mudah .

Yuk Persiapkan Kemampuan Bahasa Prancis kamu di OTCA.

Nikmati Serunya Belajar Bahasa Prancis dengan Mentor Terbaik dan Berpengalaman serta Suasana Kelas yang FUN dan Interaktif disini.

Konsultasi Via Whatsapp

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *