Negara Favorit Siswa Indonesia yang Menjadi Tujuan Studi Lanjut Ke Luar Negeri

OTCA.CO.ID -Menentukan tujuan untuk negara favorit melanjutkan studi adalah salah satu hal yang memusingkan. Ini karena adanya banyak pilihan yang menurut kita baik dan menarik. Apalagi jika ingin melanjutkan studi lanjut ke luar negeri. Perlu banyak pertimbangan terutama lingkungan belajar , suasana kota dan biaya hidup.

Menurut data dari Global Flow of Tertiary-Level Students UNESCO, berikut adalah negara-negara favorit tujuan mahasiswa Indonesia. Simak Infonya disini yuk

1. Negara Australia 

Sebagai salah satu negara tetangga dengan kualitas pendidikannya yang masuk kategori kelas dunia, Australia adalah negara tujuan utama pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studinya di luar negeri. Di tahun 2020 Sedikitnya ada 17.000 pelajar Indonesia yang melanjutkan studi ke Negara Kanguru ini, Hal itu diungkapkan Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI di Canberra Australia, M Imran Hanafi.

Dengan berbagai beasiswa yang tersedia  Baik di jenjang S1-S3, Universitas di Australia selalu banyak diminati oleh pelajar Indonesia. Salah satu yang paling popular adalah Australia Awards Scholarship (AAS). Kabarnya, Indonesia adalah negara prioritas penerima beasiswa ini lho! Pastinya kamu tertarik dong untuk mendaftar? yuk, jangan sampai ketinggalan.

2. Negara Malaysia

Malaysia adalah negara favorit kedua bagi pelajar Indonesia nih, Ditinjau  dari data UNESCO di tahun 2018, ada sekitar 10.401 mahasiswa Indonesia yang berkuliah di sana, lho. Kesamaan bahasa dan kultur membuat Malaysia menjadi pilihan yang relatif ‘aman’ bagi sebagian besar orang untuk hidup. Kemudahan transportasi juga menjadi salah satu faktor, selain hubungan kedua negara yang saling memberikan beasiswa satu sama lain.

Bagi kamu calon mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah jenjang Sarjana (S1) di Malaysia dengan pembiayaan penuh, Beasiswa Cendiakia Baznas Albukhary International University (BCB AIU) telah dibuka kembali pada tahun 2021 ini.  BCB AIU adalah program beasiswa penuh bagi para lulusan SMA/SMK/MA sederajat yang berasal dari keluarga kurang mampu dan akan melanjutkan pendidikan tinggi tingkat sarjana (S1) di Albukhary International University, Malaysia. Beasiswa ini memberikan pembiayaan penuh selama mahasiswa berkuliah di Malaysia. Sangat menarik ya , kuliah di luar negeri gratis .

3. Negara  Amerika Sertikat

Negeri Paman Sam hampir selalu muncul ketika kita membahas negeri tujuan pelajar Indonesia. Amerika Serikat memang dikenal sebagai negara adidaya yang maju di berbagai bidang, salah satunya teknologi. Di Amerika sendiri terdapat banyak universitas ternama yang unggul secara internasional, seperti Harvard dan universitas anggota Ivy League.

Jika kamu kuliah di Amerika, pihak kampus akan memberikanmu kebebasan untuk mengeksplore beberapa subjek yang berbeda sebelum akhirnya memutuskan final major. Final major ini yang nantinya akan menjadi gelarmu ketika lulus. Sebagai mahasiswa, kamu memiliki kapasitas lebih untuk mengkontrol jadwal kuliah, memilih kelas mana yang ingin diambil dan bahkan pemilihan dosen bisa ditentukan sendiri. Seru BANGET !

4. Negara  Inggris

Inggris juga menjadi tujuan favorit ke- 4 pelajar Indonesia untuk melanjutkan studinya nih. Kamu pasti pernah mendengar beberapa universitas ternama di Inggris, seperti Cambridge dan Oxford, bukan? Oleh karena itu, tidak heran jika banyak pelajar asal Indonesia yang ingin berkuliah di sana. Di tahun 2017 saja, ada sekitar 3.620 mahasiswa yang berkuliah di negara Ratu Elizabeth itu. Inggris juga menawarkan beasiswa bernama Chevening. Namun, Chevening hanya akan memberikan beasiswa kepada 30-50 orang dari Indonesia. Jadi jika kamu ingin mendaftar Beasiswa Chevening, bersiaplah karena persaingannya sangat ketat. hehehe Semangat!

5. Negara  Jepang

Jepang menjadi salah satu tujuan favorit pelajar Indonesia nomor 1 di Asia nih. Ada banyak yang ingin melanjutkan studi di negara ini.  Tidak kalah dengan Jerman, Jepang juga dikenal dengan kemajuan teknologinya. Menurut data ada 3.616 mahasiswa Indonesia memilih Jepang sebagai negara tujuan studi mereka loh. Selain itu, Kamu pasti pernah mendengar budaya Jepang yang sopan dan ramah bukan? Tentu akan lebih baik jika Kamu bisa melanjutkan studi di sana.

6. Negara  Jerman

Jerman menjadi tujuan favorit para pelajar di Indonesia yang ingin belajar sains dan teknik, terutama karena Pak Habibie adalah alumni salah satu Universitas di sana. Setidaknya ada 2.934 mahasiswa Indonesia yang berkuliah di Jerman. Nah, Jerman ini menawarkan biaya pendidikan yang jauh lebih murah dibandingkan negara tujuan studi favorit lainnya. Belum lagi, beberapa ada yang membebaskan biaya kuliah.

Beasiswa yang ditawarkan di Jerman juga banyak loh, salah satunya adalah DAAD. DAAD yang diberikan ke negara-negara Asia, Afrika, Eropa Timur, dan Amerika Latin. Beasiswa ini juga memberikan biaya kuliah, biaya hidup, asuransi kesehatan, dan tunjangan lainnya.  Jadi, bagi yang ingin mengambil jurusan teknik, mungkin Jerman bisa menjadi tujuanmu melanjutkan studi lanjut.

7. Arab Saudi

Hubungan persahabatan antara Indonesia dan Arab Saudi yang terjalin sangat baik, membuat negara ini juga menjadi favorit bagi pelajar Indonesia nih. Jumlah mahasiswa Indonesia di Arab Saudi sekitar 1500-an dengan jumlah terbanyaknya di Universitas Islam Madinah sebanyak 1000-an orang. Komposisinya beragam, mulai dari mahasiswa persiapan bahasa sampai S3.

Perguruan-perguruan tinggi di Arab Saudi adalah perguruan tinggi yang unggul dan berkelas dunia, beberapa universitas termasuk perguruan tinggi terbaik di dunia. Saat ini mahasiswa yang menuntut ilmu di Arab Saudi berasal dari lebih 165 negara dunia. Demikan juga dengan tenaga edukatif berasal dari berbagai negara.Bagi kamu yang mau melanjutkan studi di sini, nggak perlu khawatir karena sudah banyak beasiswa yang diberikan swasta maupun pemerintah Arab Saudi.

7. Korea Selatan

Negara ini pasti menjadi tujuan pertamamu kalau kamu menggemari K-Pop atau K-Drama. Tapi jangan hanya lihat Korea Selatan dari sisi hiburannya saja ya karena negara ini memiliki sistem pendidikan yang tergolong bagus. Sejumlah universitas ternama di Korea Selatan juga menyelenggarakan program beasiswa untuk mahasiswa internasional yang berada di bawah naungan Research Assistant Scholarship.

Calon mahasiswa dari berbagai negara yang ingin mendaftar program beasiswa tersebut nantinya akan mendapatkan potongan tuition fee sebesar 30% hingga 100%. Kalau kamu berminat melanjutkan studi ke Korea Selatan, ada beberapa beasiswa yang bisa kamu dapatkan. Korean Government Scholarship Program (KGSP), misalnya. Untuk kamu yang berminat mengambil jurusan seni dan desain, ada beasiswa K’Arts. Sementara buat kamu yang mau belajar teknik dan sains, ada pula beasiswa UNIST.

—-

Nah, itulah dia 8 negara yang menjadi tujuan favorit bagi pelajar Indonesia untuk melanjutkan studi mereka. Tentunya bisa menjadi referensi kamu untuk menentukan dimana akan melanjutkan kuliah di luar negeri. Kamu bisa melanjutkan kuliahmu di negara mana saja yang kamu inginkan. Tapi ingat, salah satu yang paling penting kalau kamu mau melanjutkan studi ke luar negeri adalah tes kemahiran bahasa.

Tidak hanya bahasa Inggris, bahasa lain seperti bahasa Jerman, Korea, dll juga perlu menjadi modal kamu sebelum berangkat kulaih di luar negeri nih.

Tenang, tak usah galau ataupun resah ya ..

Kamu bisa belajar bersama mentor berpengalaman secara interaktif di kelas online OTCA. Ada juga kelas Privat dimana kamu bisa menentukan jadwal dan request materimu sendiri loh.  Jadi lebih fleksibel deh..

Yuk Persiapkan Kemampuan Bahasa Jerman kamu di OTCA.

Nikmati Serunya Belajar Bahasa Jerman dengan Mentor Terbaik dan Berpengalaman serta Suasana Kelas yang FUN dan Interaktif disini.

Konsultasi Via Whatsapp

Comments are closed