Jerman Sebagai poros Teknologi Dunia

OTCA.CO.ID – Jerman sebagai salah satu negara besar di dunia, memang memiliki banyak inovasi canggih di dunia teknologi. Negara ini selalu berinovasi terhadap ilmu pengetahuan, teknologi, kedokteran, hingga sains. Jadi tidak heran apabila negara ini menjadi poros teknologi dunia.

Banyak sekali inovasi baru yang lahir dari negara ini yang selalu dapat apresiasi baik bagi negaranya maupun negara lain. Di balik itu, terdapat alasan-alasan lain yang mendukung mengapa Jerman mampu menjadi poros bagi teknologi dunia. 

Riset mendapatkan apresiasi yang besar

Alasan pertama yang menjadikan kuatnya perekonomian suatu negara adalah di bidang pendidikan, termasuk juga adalah riset. Apresiasi negaranya terhadap sebuah riset tidaklah tanggung-tanggung. Mereka tidak ragu untuk mengcover seluruh biaya riset atau penelitian terhadap para ilmuwan mereka. 

Kemudian, untuk ilmuwan yang berhasil terhadap risetnya, akan mendapatkan royalti yang besar bahkan penemuannya akan langsung dipatenkan. Dari sini terlihat bahwa negara Jerman sangatlah mengapresiasi dan memberikan dukungan yang penuh untuk pendidikan dan penelitian. 

Sehingga tidak heran jika para ilmuwan berlomba-lomba untuk berinovasi terhadap riset dan menambah karyanya. Jadi tidak heran jika negara ini mampu menjadi poros bagi teknologi dunia.

Baca Juga : Universitas Terbaik Di Jerman

Tidak pernah merasa puas

Alasan kedua mengapa Jerman menjadi salah satu poros bagi teknologi dunia adalah rasa tidak pernah puas. Salah satu tabiat manusia adalah tidak pernah merasa puas. Negara ini selalu mengembangkan inovasi terhadap penelitian sebelumnya. 

Semua orang percaya bahwa tidak ada sesuatu yang sempurna. Akan selalu ada celah untuk sebuah inovasi pada setiap karya. Hal itulah yang menjadikan negara ini selalu memperbaiki ketidak sempurnaan. 

Mereka selalu lahap akan ilmu pengetahuan dan teknologi, Teknologi otomotif Jerman luar biasa dengan merek besar seperti Mercedes-Benz, Audi, BMW, Volkswagen dan Porsche. Baru-baru ini Jerman juga memimpin dalam hal Industri Pertahanan dengan memproduksi kapal selam Dolphin yang dijual ke Israel.

Namun tidak lekas puas terhadap yang telah diperolehnya. Sikap ini mereka turunkan kepada anak cucu di negara ini. Mereka selalu menanamkan rasa ingin tahu terhadap sesuatu hal yang baru. Bukankah ini yang pantas ditiru?

Berusaha bangkit

Siapa sangka di balik majunya teknologi yang jerman hingga menjadi poros teknologi dunia ternyata masih membekas sayatan pedih pasca perang dunia ke II? Ternyata salah satu alasan yang membuat negara ini sadar dan tidak ingin kembali ke masa suram adalah kebangkitan. 

Mereka tau cara untuk bangkit dari keterpurukan adalah pendidikan dan penelitian. Maka dari itu, mereka terus berusaha dan berinovasi untuk selalu menjadi yang terdepan dalam dunia ilmu pengetahuan. 

Kini, pondasi utama yang membentengi negara ini tidak lain adalah pendidikan dan pengetahuan.

Belajar dari kesalahan

Tidak ada penelitian tanpa kesalahan. Dan Jerman percaya bahwa setiap kesalahan adalah jalan untuk menuju kebenaran. Jerman memiliki mindset, penelitian tanpa kesalahan adalah nol. 

Mereka harus melalui kesalahan terlebih dahulu untuk mencapai kajian-kajian yang benar dan dapat dipertanggung jawabkan. Mereka tidak takut untuk salah dan selalu mau belajar serta tidak selalu merasa paling benar. 

Itulah mengapa negara ini selalu mendapatkan apa tujuan yang ingin mereka capai, hingga menjadi poros bagi teknologi dunia seperti sekarang.

Baca Juga : 3 Tokoh Indonesia Yang Berkuliah di Jerman 

Memiliki gen para ilmuwan

Jika diingat-ingat lagi, bukankah sejak dahulu Jerman merupakan negara para penemu? Bahkan sampai terkenal dengan sebutan Das Land der Erfinder atau negara tempatnya para penemu. Bukan hanya satu, penemu pionir dari negara ini jumlahnya mencapai ratusan. 

Contohnya saja penemu mesin cetak, komputer digital, balon udara, mesin diesel, pengebor elektronik, bahkan ilmuwan fisika bernama Albert Einstein berasal dari jerman. 

Berkaca dari banyaknya ilmuwan yang terlahir di Jerman, tidak heran lagi mengapa negara ini berhasil menjadi poros bagi teknologi di dunia.

Yuk Persiapkan Kemampuan Bahasa Jerman kamu di OTCA.

Nikmati Serunya Belajar Bahasa Jerman dengan Mentor Terbaik dan Berpengalaman serta Suasana Kelas yang FUN dan Interaktif disini.

Konsultasi Via Whatsapp

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *