Apa Itu DELF DAN DALF, Tes Kemampuan Bahasa Prancis?

Otca.co.id – Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi keluar negeri, terutama jika kamu ingin kuliah di salah satu negara Eropa yaitu Prancis, kamu harus menjalani ujian DELF (Diplôme d’Etudes en Langue Française). Selain DELF ada istilah lain yaitu DALF (Diplôme approfondi de Langue Française), dua istilah tadi adalah suatu tes kemampuan bahasa Prancis bagi warga negara yang Bahasa utamanya bukan Bahasa Prancis.

DELF (Ijazah Kemampuan Bahasa Prancis) dan DALF (Ijazah Kemampuan Bahasa Prancis Tingkat Lanjut) adalah ijazah resmi yang diterbitkan dan dijamin oleh CIEP (International Centre for French Studies), lembaga sertifikasi kompetensi bahasa Prancis untuk orang asing non frankofon yang diberikan kewenangan oleh Kementerian Pendidikan Nasional Republik Prancis.

Kalian bisa memilih jenis tesnya sesuai usia dan kebutuhan kamu. Sertifikat hasil dari tes-tes ini diakui secara internasional dan berlaku seumur hidup karena tidak memiliki masa kadaluarsa. Untuk lebih jelasnya apa itu DELF dan DALF , mari kita simak pembahasan dibawah :

Apa perbedaan DELF dan DALF ?

DELF (Ijazah Kemampuan Bahasa Prancis) dan DALF (Ijazah Kemampuan Bahasa Prancis Tingkat Lanjut) adalah ijazah resmi yang diterbitkan dan dijamin oleh CIEP (Pusat Internasional Studi Pedagogi), lembaga sertifikasi kompetensi bahasa Prancis untuk orang asing non frankofon yang diberikan kewenangan oleh Kementerian Pendidikan Nasional Republik Prancis.

Jenis DELF dan DALF

  1. DELF Prim : DELF Prim untuk anak-anak sekolah dasar usia 7 sampai 11 tahun. Tes ini dibagi menjadi tiga level, A1.1, A1, dan A2. Cocok digunakan sebagai motivasi untuk anak-anak dalam mempelajari Bahasa Prancis.
  2. DELF Junior Version dan DELF for Schools : Kedua jenis tes ini ditujukkan untuk anak-anak SMP dan SMA usia remaja antara 12 sampai 18 tahun. DELF Junior Version dan DELF for Schools dibagi menjadi 4 level: A1, A2, B1, dan B2.
  3. DELF Pro : DELF Pro ditujukkan bagi pelajar ataupun pekerja yang akan belajar atau bekerja di Prancis atau lingkungan berbahasa Prancis. DELF Pro dibagi menjadi 4 level: A1, A2, B1, dan B2.
  4. DELF-DALF Tout Public: Ditujukan untuk publik umum non frankofon yang ingin mengesahkan kemampuan bahasa Prancis untuk keperluan pribadi, profesional, maupun akademis.

Sedangkan Ujian untuk mendapatkan DALF dibagi menjadi 2 level yaitu level C1 dan level C2 dimana level C2 adalah level tertinggi dalam ujian sertifikasi Bahasa Prancis. Pemegang sertifikat DALF ini adalah orang-orang yang sudah menguasai Bahasa Prancis tingkat ahli dan ditujukan kepada Mahasiswa atau Pekerja.

Manfaat Ijazah DELF – DALF

Berlaku seumur hidup, DELF dan DALF menawarkan banyak manfaat:

• Pengakuan internasional di 165 negara.

• Mobilitas akademik. DELF B2 merupakan salah satu syarat utama untuk mendaftar di perguruan tinggi Prancis.

• Mobilitas profesional. Ijazah DELF-DALF adalah surat pernyataan resmi mengenai kompetensi kebahasaan Anda di dunia kerja dan dengan begitu, Anda memiliki jangkauan karir yang luas di negara-negara frankofon.

• Pengakuan jangka panjang karena berlaku seumur hidup.

Bagaimana Cara Ujiannya ?

Untuk setiap jenis ujiannya, ada 4 aspek yang diujikan, yaitu Listening (mendengarkan), Reading (membaca), Writing (menulis), dan Speaking (berbicara). Pada bagian Listening, peserta akan diperdengarkan beberapa rekaman dan diharuskan menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan rekaman yang dimainkan.

Durasi tiap rekaman yang dimainkan bevariasi tergantung level tes, untuk level A1 sampai B1 rekaman yang dimainkan berdurasi maksimal 3 sampai 6 menit. Dan pada level B2, durasi rekaman yang dimainkan maksimal 8 menit.

Pada bagian Reading, peserta akan diberikan beberapa bentuk tulisan singkat dan diharuskan menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan.

Pertanyaan yang diberikan bisa dalam bentuk beragam, seperti pilihan ganda, pilihan betul/salah, dan isian singkat. Untuk tes level A1 dan A2 teks yang diberikan pendek dan singkat, sedangkan pada level B1 dan B2, teks yang diberikan lebih panjang dan kompleks.

Pada bagian Writing, materi yang diujikan bervariasi tergantung levelnya. Untuk level A1, peserta diharuskan mengisi dokumen tentang informasi pribadi dan membuat teks singkat seputar kehidupan sehari-hari.

Adapun untuk level A2, peserta akan mendeskripsikan suatu kejadian atau pengalaman dan menulis ungkapan untuk mengundang, memberi selamat, memberi informasi, dll. Untuk level B1, peserta diharuskan membuat karangan dalam bentuk esai, surat, atau artikel seputar pendapat pribadi tentang situasi tertentu.

Dan untuk level B2, hampir mirip dengan B1 hanya saja tingkatannya lebih sulit. Jumlah minimal kata untuk setiap karangannya pun beragam. Minimal 40 kata untuk level A1, 60 hingga 80 kata untuk level A2, 160 hingga 180 kata untuk level B1, dan minimal 250 kata untuk level B2.

Pada bagian Speaking, untuk level A1 dan A2 akan diberikan kesempatan untuk berkomunikasi dan bermain peran dengan penilai.

Untuk level B1, peserta diharuskan untuk berdiskusi dengan penilai, dan untuk level B2, peserta diharuskan untuk mengutarakan dan mempertahankan pendapatnya. Skor minimum keseluruhan untuk lulus adalah 50 dari total 100.

Metode Penilaian

Setiap kompetensi yang diujikan dalam ujian DELF-DALF diberi nilai per 25 poin dengan nilai terendah kelulusan 5/25 per kompetensi dan 50/100 untuk keseluruhan kompetensi.

Comprehension Orale (Mendengarkan) : maks skor 25 poin
Comprehension Ecrits (Membaca) : maks skor 25 poin
Production Ecrits (Menulis) : maks skor 25 poin
Production Orale (Berbicara) : mask skor 25 poin

Nilai tertinggi : 100 dan Nilai terendah : 50

Hasil ujian diumumkan satu bulan setelah ujian.

Peserta yang lulus ujian akan mendapatkan sertifikat sementara sambil menunggu penerbitan ijazah asli.

Tempat Ujian DELF dan DALF di Indonesia

Di Indonesia, ujian DELF hanya diselenggarakan oleh Lembaga Indonesia Prancis (LIP) atau Institut Français d’Indonésie (IFI)

Nah, itu tadi penjelasan tentang DELF dan DALF. Jika kamu ingin ujian DELF, asah kemampuanmu dengan belajar lebih intensif. Dianjurkan mengambil pembelajaran tambahan di pusat studi bahasa, ataupun dengan guru privat bahasa Perancis. Motivasi dirimu, jaga kesehatan, serta doa untuk bisa mewujudkan mimpimu studi di Perancis.

OTCA memberikan layanan kursus belajar bahasa Prancis online yang dimentori oleh guru berpengalaman dan bersertifikasi senta didukung dengan metode belajar yang interaktif akan membuat pengalaman belajar kamu jadi makin mudah .

Yuk Persiapkan Kemampuan Bahasa Prancis kamu di OTCA.

Nikmati Serunya Belajar Bahasa Prancis dengan Mentor Terbaik dan Berpengalaman serta Suasana Kelas yang FUN dan Interaktif disini.

Konsultasi Via Whatsapp

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *