Beasiswa Korean Government Scholarship Program (KGSP)

Yang Wajib Kamu Coba.

Otca.co.id – Korean Government Scholarship Program (KGSP) merupakan program beasiswa dari pemerintah Korea Selatan yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa Internasional untuk berkuliah di Korea Selatan. beasiswa GKS/KGSP ditujukan bagi lulusan SMA/sederajat yang ingin menempuh kuliah diploma atau sarjana di universitas-universitas Korea. Beasiswa disediakan full yang menanggung kebutuhan selama studi di Korea.

Untuk bisa lolos mengikuti beasiswa KGSP tentunya ada tips dan trick khusus. Nah, disini akan kita bahas apa itu beasiswa KGSP hingga bagaimana tips dan trick untuk lolos beasiswa KGSP. Simak Yuk..

Apa itu KGSP ?

KGSP merupakan program beasiswa kepemerintahan Korea Selatan yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk berkuliah di Korea Selatan. KGSP memberikan kesempatan beasiswa tidak hanya untuk mahasiswa Indonesia, tapi juga negara lain. Beasiswa GKS/KGSP ditujukan bagi lulusan SMA/sederajat yang ingin menempuh kuliah diploma atau sarjana di universitas-universitas Korea. Beasiswa disediakan full yang menanggung kebutuhan selama studi di Korea.

Berapa Kuota Untuk Beasiswa KGSP ?

Khusus bagi pelamar Indonesia, ada tiga jenis beasiswa KGSP 2022 yang bisa dilamar. Yakni beasiswa diploma (setara D2), beasiswa S1 khusus jurusan natural science dan engineering via Universitas regional di Korea, dan beasiswa S1 via Kedubes Korea di Jakarta.

Beasiswa diploma (associate degree) menyediakan kuota sebanyak 35 beasiswa dan terbuka bagi 17 negara anggota ODA. Dari total kuota beasiswa diploma tersebut, Indonesia kebagian 2 kursi beasiswa. Selanjutnya, beasiswa S1 khusus jurusan natural science dan engineering via universitas regional Korea tersedia 60 kursi beasiswa keseluruhan untuk 72 negara. Di kategori beasiswa S1 via universitas ini, Indonesia kebagian 3 kursi beasiswa. Pendaftaran untuk kedua jenis beasiswa tersebut diajukan langsung ke universitas yang ada di Korea.

Terakhir beasiswa S1 via Kedubes Korea. Total beasiswa disediakan sebanyak 115 kursi yang dibagi untuk 67 negara. Khusus Indonesia, tersedia 5 kursi beasiswa melalui Kedubes Korea ini. Pendaftarannya melalui Kedubes Korea di Jakarta. Jadi, secara keseluruhan kuota beasiswa KGSP 2022 untuk pelamar Indonesia dari tiga kategori di atas sebanyak 10 kursi beasiswa.

Apa yang Didapat dari Beasiswa KGSP ?

Jika kamu berhasil lolos beasiswa KGSP kamu akan mendapatkan berbagai fasilitas antara lain: Biaya pendidikan yang ditanggung penuh selama masa studi, biaya kursus bahasa Korea selama 1 , tunjangan hidup bulanan sebesar 900 ribu won (11 juta rupiah), tunjangan kedatangan sebesar 200 ribu won (2,4 juta rupiah), tunjangan pemulangan sebesar 100 ribu won (1,2 juta rupiah), asuransi kesehatan, serta tiket pesawat dari berangkat hingga pulang ke negara asal. Eitsss.. gak hanya itu, beasiswa ini juga memberikan tambahan tunjangan 100 ribu won/ bulan selama kuliah jika kamu memiliki skor TOPIK (Test of Proficiency in Korean) level 5 atau 6 setelah terdaftar di universitas Korea.

Persyaratan Beasiswa KGSP 2022 :

1. Merupakan warga negara dari negara yang ditawarkan beasiswa (salah satunya Indonesia)

2. Berusia di bawah 25 tahun per 1 Maret 2022 (Lahir setelah 1 Maret 1997)

3. Memiliki kesehatan yang baik, jasmani maupun rohani

4. › Pelamar yang telah lulus (atau bakal lulus) dari SMA/sederajat bisa mendaftar ke jenjang sarjana atau diploma. Kemudian pelamar yang telah lulus (atau bakal lulus) dari diploma bisa mendaftar ke jenjang sarjana. Lulus paling lambat 28 Februari 2022 harus mengirimkan surat keterangan lulus terlebih dahulu. Ijazah resmi dan transkrip nilai akhir dikirim (menyusul) ke GKS Center, NIIED paling lambat 28 Februari 2022.

5. › Memiliki nilai rata-rata komulatif 80 persen atau lebih dari skala 100 poin atau berada dalam peringkat 20 persen terbaik selama SMA/sedarajat atau diploma (IPK: 2.64/4.0, 2.80/4.3, 2.91/4.5, atau 3.23/5.0)

6. Belum pernah menerima beasiswa dari pemerintah Korea sebelumnya

7. Bagi yang lulus SMA di Korea (termasuk sekolah internasional di Korea) atau memiliki gelar sarjana tidak dapat mendaftar ke program ini

8. Pelamar hanya boleh memilih satu jalur pendaftaran, melalui Kedubes Korea atau langsung ke universitas.

Dokumen yang perlu disiapkan :

1. Formulir aplikasi yang telah diisi (form 1)
2. Personal statement (form 2)
3. Rencana studi (form 3)
4. Satu surat rekomendasi, bisa dari kepala sekolah, guru, atau pembimbing (form 4)
5. Perjanjian pelamar GKS (form 5)
6. Penilaian kesehatan diri (form 6)
7. Salinan ijazah SMA/sederajat atau surat keterangan lulus (SKL)
8. Salinan transkrip nilai sekolah
9. Bukti dokumen kewarganegaraan pemohon (contoh: akte kelahiran, kartu keluarga)
10. Bukti dokumen kewarganegaraan orang tua pemohon (contoh: akte kelahiran, kartu keluarga)
11. (Opsional) salinan sertifikat kemampuan bahasa Korea (TOPIX) atau salinan skor sertifikat kemampuan bahasa Inggris (TOEFL, TOEIC, atau IELTS)
11. (Opsional) penghargaan dan sertifikat lainnya
12. (Opsional) copy paspor pelamar

Baca Juga : Kampus Terbaik Korea 

Tips n Trick lolos Beasiswa KGSP

1. Mengambil Kesempatan Sebanyak Mungkin

Sambil menunggu pembukaan beasiswa KGSP, kamu bisa mulai mengikuti beberapa kegiatan yang bisa memperkaya aspek pencapaian kamu. Jika kamu bisa mengambil kursus bahasa Inggris (TOEFL) atau bahasa Korea (TOPIK). Prestasi apapun akan masuk pertimbangan untuk menjadi kandidat KGSP. Kamu juga bisa mulai mengikuti berbagai organisasi ataupun lomba-lomba untuk mendukung prestasi akademis kamu.

2. Memilih Jalur Pendaftaran

KGSP memiliki 2 jalur pendaftaran, yaitu jalur universitas dan jalur kedutaan. Pilihlah baik-baik jalur yang paling cocok dengan kamu. Setiap jalur memiliki kelebihan masing-masing. Jika kamu mendaftar melalui jalur kedutaan, maka kamu harus mengirimkan berkas dokumen ke kedubes Korea Selatan di Indonesia. Jalur kedutaan terbilang lebih menguntungkan karena kandidat dapat mendaftar ke 3 universitas dan 3 jurusan berbeda.

3. Memilih Jurusan

Pemilihan jurusan KGSP memiliki perbedaan, sesuai dengan jalur yang kamu pilih. Untuk jalur universitas, kamu hanya boleh mendaftar ke satu universitas. Dengankan jalur kedutaan, kamu bisa mendaftar ke 3 universitas. Nah, untuk jalur kedutaan, tidak dianjurkan untuk memilih jurusan dengan masa studi lebih dari 4 tahun. Contoh: medical, kedokteran gigi, arsitektur, dan farmasi.

4. Memperhatikan Kelengkapan Dokumen

Dokumen yang dikumpulkan haruslah berbahasa Inggris. Terus bagaimana dong? Apa kita terjemahin sendiri? Tentu tidak. Kamu dianjurkan untuk menggunakan jasa penerjemah tersumpah untuk dokumen-dokumen resmi seperti KK atau akte kelahiran. Beberapa dokumen seperti dokumen sekolah memang bisa kamu terjemahkan sendiri. Tapi kamu harus memiliki ijin resmi serta cap official dari sekolah kamu. Setelah itu kamu bisa menggunakan jasa notaris untuk membuktikan keaslian dokumen.

5. Buat Esai yang Benar

Beasiswa KGSP tidak hanya menilai kandidat melalui nilai akademis. Tapi juga menilai kualitas dan passion kamu. Disinilah esai akan berperan. Mempersiapkan esai jauh-jauh hari merupakan hal penting. Esai yang kamu tulis haruslah berbahasa Inggris dan memuat gambaran tentang dirimu. Dengan esai, kamu memiliki kesempatan menunjukkan sisi diri kamu yang tidak bisa digambarkan melalui prestasi akademik. Selain itu, pastikan kamu meminta orang lain untuk melakukan proofread esai kamu. kamu bisa lihat cara membuat esai yang benar disini.

6.Buat Studi Plan yang Jelas

Salah satu esai adalah bentuk penjelasan studi plan. Studi plan terbagi menjadi dua, yaitu studi plan untuk belajar bahasa asing dan studi plan yang menjelaskan kenapa kamu memilih jurusan dan universitas pilihan kamu. Kata kunci yang harus kamu jaga saat menulis studi plan adalah tetap realistis. Kamu bisa menggambarkan visi kamu kedepannya. Jangan lupa untuk menulis dengan simpel dan to the point ya.

7. Persiapkan Dokumen Jauh-Jauh Hari

Pendaftaran KGSP biasanya dibuka pada pertengahan September. Kamu akan diberi waktu selama dua minggu untuk mempersiapkan semua persyaratan dokumen. Dokumen yang perlu kamu berikan adalah formulir pendaftaran, NIIED oledge, personal statement dalam bentuk esai, studi plan, surat rekomendasi (2 buah), self medical assessment, Ijazah atau SKL (bagi yang belum mendapat Ijazah), transkrip nilai (grading system), KK atau akta kelahiran sebagai bukti kependudukan, serta sertifikat (prestasi atau TOEFL/TOPIC).

Nah, itu tadi pengertian hingga tips n trick untuk lolos beasiswa KGSP di Korea. Bagaimana ? sangat menarik bukan..
Jika kamu ingin melanjutkan studi kamu ke Korea alangkah baiknyajika kamu imbangi dengan mengasah kemampuan bahasa Korea kamu nih. Belajar bahasa Korea bareng OTCA menjadi pilihan tepat untuk kamu lohh..

Metode belajar online dengan proses pembelajaran interaktif akan memudahkanmu dalam pemahaman materi pembelajaran.

Yuk Persiapkan Kemampuan Bahasa kamu di OTCA.

Nikmati Serunya Belajar Bahasa Korea dengan Mentor Terbaik dan Berpengalaman serta Suasana Kelas yang FUN dan Interaktif disini.

Klik Disini Untuk Konsultasi

Wajib Kamu Baca Juga ..

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *