Aupair , Program Pertukaran Budaya Internasional

 

Otca.co.id – Di Indonesia sendiri program Aupair program pertukaran budaya yang belum banyak orang belum banyak diketahui. Bahkan tidak sedikit yang mengira bahwa ini sama dengan TKI.

Mahasiswa Indonesia yang sudah mengetahui program ini biasanya akan memanfaatkan Aupair sebagai batu loncatan untuk melanjutkan studi keluar negeri. Nah, mari kita bahas tentang Program Aupair ini.

Apa itu Aupair

Aupair adalah Program pertukaran budaya internasional dari pemerintah Jerman bagi generasi muda di seluruh dunia yang berusia 18-26 tahun untuk memperdalam bahasa Jerman secara langsung di Jerman dengan cara tinggal bersama keluarga Jerman selama 1 tahun serta mendapatkan berbagai fasilitas lainnya.

Apa yang didapatkan selama Aupair ?

Selama mengikuti Aupair, akan ada host family yang menanggung biaya selama kamu tinggal. Kamu akan diberi kamar di rumah mereka, makan di satu meja makan yang sama, bahkan mereka berkewajiban mengajakmu ikut serta ketika pergi berlibur. Selain biaya hidup yang ditanggung sepenuhnya, kamu juga akan dibiayai untuk mengikuti Sekolah Bahasa selama kamu tinggal dan juga ada uang saku yang diberikan setiap minggu atau bulan (tergantung kesepakatan).

Apa yang dilakukan AuPair?

Timbal baliknya kamu akan berperan sebagai kakak bagi anak-anak yang dimiliki oleh host family-mu dan bekerja selama 5 jam setiap harinya dari Senin-Jumat. Bahkan, pekerjaan yang kamu lakukan hanyalah yang berkaitan dengan anak dari host family tersebut. Mulai dari baby sitting, menjemput sekolah, menyiapkan makan siang, hingga memberikan pelajaran Bahasa Inggris. Tidak semua pekerjaan itu kamu lakukan, tergantung dari kontrak kesepakatan bersama.

Berapa lama ?

Secara umum dan kebanyakan peserta Au-Pair yang mengikuti program ini adalah berdurasi selama 1 tahun, karena biasanya keluarga yang akan kita tinggali kebanyakan juga meminta kita untuk tinggal dengannya selama 1 tahun.

Apa benefitnya ?

Benefit kamu mengikuti program Au Pair adalah, kamu akan tinggal di Jerman bersama keluarga Jerman gratis tanpa perlu memikirkan biaya hidup selama 1 tahun. Kamu juga akan mendapat uang saku 260 Euro/bulan dari keluarga Jerman. Kamar pribadi dan Fasilitas lain pun juga diberikan. Mendapat Uang Kursus 50 Euro. Selain itu kamu juga berkesempatan untuk jalan-jalan keliling Eropa, atau mengunjungi berbagai museum di Jerman.

Apa yang harus dipersiapkan?

1. Kursus Bahasa Jerman : Kamu bisa persiapkan dirimu untuk mengikuti kursus bahasa Jerman, karena kemampuan bahasa kamu akan diuji dan dibutuhkan sertifikat minimal level A1 untuk bisa mengikutinya.
2. Banyak-banyak mencoba berbicara dalam Bahasa Jerman, baik dengan kawan / guru di kelas, karena biasanya sebelum mengambil keputusan untuk memilih Anda calon keluarga asuh akan mengetes Bahasa Jerman Anda dan berkomunikasi dengan Anda
3. Mulailah mengerjakan hal-hal sederhana dalam rumah tangga, karena bukan tidak mungkin disana akan diminta untuk melakukan hal tersebut untuk membantu Keluarga Asuh Anda di Jerman

 

Yuk Persiapkan Kemampuan Bahasa Jerman kamu di OTCA.

Nikmati Serunya Belajar Bahasa Jerman dengan Mentor Terbaik dan Berpengalaman serta Suasana Kelas yang FUN dan Interaktif disini.

Konsultasi Via Whatsapp

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *